Berita Kabupaten Manggarai

Mendulang Sukses Bersama KWT Nai Ca Anggit Nterlango, Manggarai

sistem Manajemen Pertanian Terintegrasi atau disingkat Simantri yang sudah berjalan sejak tahun 2017 lalu telah memberi dampak yang signifikan secara

Mendulang Sukses Bersama KWT Nai Ca Anggit Nterlango, Manggarai
Pos Kupang.com/Aris Ninu
SYUKURAN-Acara syukuran serta Natal dan Tahun Baru bersama di Kelompok Wanita Tani (KWT) Nai Ca Anggit, Nterlango, Desa Poco Lika, Kecamatan Ruteng, Manggarai. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG-COM-RUTENG-Sistem Manajemen Pertanian Terintegrasi atau disingkat Simantri yang sudah berjalan sejak tahun 2017 lalu telah memberi dampak yang signifikan secara ekonomi kepada masyarakat khususnya petani.

Selama dua tahun berjalan ada 20 Simantri di area l. 110  Ha dengan 207 Kelompok tani pengembangan hortikultura pada areal 136,80 ha. Kelompok ini berjalan pada tujuh Kecamatan di Kabupaten Manggarai.

Setiap kelompok Simantri terdiri dari beberapa kelompok tani yang memiliki semangat yang sama dalam pengembangan produk unggulan hortkultura.

Program prioritas Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, S.H, M.H dan Wakil Bupati Manggarai, Drs.Victor Madur ini dalam proses kerjanya sejak awal melibatkan beberapa perangkat daerah terkait untuk menunjang pelaksanaan kegiatan tersebut.

Beberapa Perangkat Daerah yang berkontribusi dalam memajukan program hortikultura ini antara lain Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan, Dinas PUPR, Dinas Peternakan, Dinas Perhubungan, Dinas Penanaman Modal Koperasi Usaha kecil Menengah dan Tenaga Kerja, Dinas Perdagangan serta Dinas Kominfo Manggarai.

Untuk memastikan program tersebut berjalan dengan baik, Senin (15/1/2019) sore, Bupati Manggarai ,Dr. Deno Kamelus,SH.MH menghadiri syukuran tahunan serta Natal dan Tahun Baru Bersama dari kelompok Wanita Tani Nai Ca Anggit di Nterlango, Desa Poco Likang, Kecamatan Ruteng.

Tahun Ini ! PDAM Manggarai Buka Layanan ke Cibal Barat

Putus ! Jalur Pantai Utara Flores-NTT

Kelompok tani yang berdiri sejak 6 Maret 2006 ini terdiri dari 17 orang wanita tani yang  tergabung dalam 5 kelompok lainnya pada Simantri IX Nterlango.

Ketua kelompok, Magdalena Sarti Daimu ketika memberikan sambutannya saat syukuran,  menjelaskan, munculnya program Simantri sejak tahun 2017 ini menghadirkan beberapa aplikasi teknologi baru untuk diperkenalkan kepada para petani seperti greenhouse, mulsa serta dalam bentuk bantuan lainnya.

Selain itu, pendekatan yang terus menerus dari Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dari Dinas Pertanian Kabupaten Manggarai juga mengubah sistem pertanian konvensional menuju pertanian modern.

Halaman
123
Penulis: Aris Ninu
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved