KSP Pelita Lifau Indah Gelar RAT VI Tahun Buku 2018, Targetkan Aset Rp 1 Miliar

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Pelita Lifau Indah Kefamenanu menggelar Rapat Anggota Tahunan VI tahun buku 2018.

KSP Pelita Lifau Indah Gelar RAT VI Tahun Buku 2018, Targetkan Aset Rp 1 Miliar
POS-KUPANG.COM/THOMAS MBENU NULANGI
Bupati TTU Raymundus Sau Fernandes memberikan sambutan pada acara RAT KSP Pelita Lifau Indah Tahun Buku 2018 di Kediaman Pedro da Costa, Benpasi, Kota Kefamenanu, TTU, Sabtu (19/1/2019). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU - Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Pelita Lifau Indah Kefamenanu menggelar Rapat Anggota Tahunan VI tahun buku 2018.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di kediaman Pedro da Costa, Kelurahan Benpasi, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi NTT, Sabtu (19/1/2019).

Ketua KSP Pelita Lifau Indah, Pedro da Costa mengatakan, kegiatan RAT merupakan bentuk kepatuhan dari komponen organisasi dalam melakukan kewajiban organisasi sesuai dengan tuntutan yang diamanatkan oleh peraturan perundang-undangan.

"Bahwa sesuai dengan aturan yang berlaku, koperasi yang sehat itu harus melakukan RAT untuk membahas semua hal berkaitan dengan perjalanan koperasi dalam satu tahun," ungkapnya.

Pedro mengatakan, KSP Pelita Lifau Indah lahir pada tahun 2007. KSP tersebut berdiri atas keprihatinan terhadap realitas kehidupan para anggota pasca jajak pendapat untuk Timor Timur tahun 1999.

"Karena pada waktu itu, kita tidak ingin bahwa kita hanya meminta bantuan kepada pemerintah, yang kemudian kita selalu mempersalahkan pemerintah. Atas dasar itulah, kita berhasil mengumpulkan kekuatan untuk bersama membentuk koperasi ini," ujarnya.

Pedro mengatakan, sejak berdiri tahun 2007 lalu, KSP Pelita Lifau Indah hanyalah arisan keluarga yang  beranggotakan 10 orang dari lima kepala keluarga.

Dalam perjalanan, keanggotaan KSP Pelita Lifau Indah semakin bertambah menjadi 37 pada tahun buku 2018.

"Sedangkan untuk keberadaan aset kita saat ini sudah sekitar Rp 800 juta lebih pada tahun buku 2018 ini, dengan SHU yang akan kita bagikan kepada seluruh anggota sebanyak Rp 300 lebih. Koperasi ini hanya memiliki satu jenis usaha saja, yaitu simpan pinjam," ujarnya.

Pedro menjelaskan, pada tahun 2019, KSP Pelita Lifau Indah menargetkan perolehan aset dari usaha simpan pinjam tersebut secara keseluruhan sebesar Rp 1 Miliar.

Untuk mewujudkan target tersebut, pihaknya akan terus melakukan pengembangan usaha lain yang nantinya akan dibicarakan dalam forum RAT.

Pedro dalam kesempatan itu juga meminta kepada pemerintah daerah Kabupaten TTU untuk memperhatikan keberadaan KSP Pelita Lifau Indah, baik dari segi pendampingan maupun pendanaan dalam rangka pengembangan usaha koperasi tersebut. (*)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved