Berita Sumba Barat

Memalukan Waikabubak Berpredikat Kota Terkotor

Ketua DPRD Sumba Barat, Gregorius HBL Pandango, S.E, mengatakan, sebagai pimpinan wakil rakyat

Memalukan Waikabubak Berpredikat Kota Terkotor
Sampah menumpuk di areal Pasar Lama Waikabubak, Senin (7/1/2019)
POS KUPANG/PETRUS PITER Sampah menumpuk di areal Pasar Lama Waikabubak, Senin (7/1/2019). 

POS KUPANG.COM, WAIKABUBAK -- Ketua DPRD Sumba Barat, Gregorius HBL Pandango, S.E, mengatakan, sebagai pimpinan wakil rakyat di daerah itu dirinya merasa sangat malu ketika mendapat kabar kota kecil Waikabubak sebagai kota terkotor di Indonesia.

"Hal ini menunjukkan sampai saat ini, masyarakat Sumba Barat belum sadar bagaimana menjaga akan pentingnya kebersihan. Sampah menumpuk di mana-mana,"
ujar Gregorius di ruang kerjanya, Jumat (18/1/2019).

Dia diminta tanggapannya atas penilaian Kementerian Lingkungan Hidup RI yang menempatkan Kota Waikabubak sebagai kota kecil terkotor di Indonesia.

Menurutnya, sebagai wakil rakyat Sumba Barat, dirinya telah berulangkali menyampaikan kepada pemerintah untuk memperhatikan kebersihan, khusus di sentral perekonomian seperti pasar, kompleks pertokoan dan lain-lain.

Selama ini, diakuinya, pemerintah dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Sumba Barat bersama seluruh jajarannya telah bekerja keras membersihkan sampah dalam kota dan lingkungan sekitar kota Waikabubak.

Namun rendahnya tingkat kesadaran warga membuang sampah sembarangan menyebabkan sampah bertumpukan di mana-mana.

"Urusan kebersihan sampah dalam Kota Waikabubak bukan hanya tanggung jawab pemerintah dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup tetapi tanggung jawab seluruh komponen masyarakat," tegasnya.

Gregorius mengajak seluruh komponen masyarakat Sumba Barat agar menjaga kebersihan kota tercinta Waikabubak dimulai dari diri sendiri.

"Bagaimana berbicara tentang kebersihan lingkungan dan masyarakat, kalau urusan kebersihan sendiri saja tidak beres. Saya percaya dengan memulai mengurus, membersihkan rumah, halaman rumah dan lingkungan sekitar, kelak Kota Waikabubak, Sumba Barat menjadi kota terbersih di Indoenesia," tegasnya. (pet)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Alfred Dama
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved