Demam Berdarah Serang TTU Paksa Lima Warga Dirawat

Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) tak luput dari 'amukan' penyakit demam berdarah.

Demam Berdarah Serang TTU Paksa Lima Warga Dirawat
Shutterstock
Virus yang dibawa nyamuk bisa menyebabkan berbagai penyakit. 

POS KUPANG.COM, KEFAMENANU -- Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) tak luput dari 'amukan' penyakit demam berdarah. Pada tahun 2018 lalu terjadi empat kasus, kini memasuki bulan pertama tahun 2019 sudah terjadi lima kasus.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular dan Tidak Menular pada Dinas Kesehatan TTU, Wilhelmina Bone, Kamis (17/1/2019), menyebut kasus demam berdarah itu di antaranya terjadi di Desa Eban, Desa Kaubele, dan Kota Kefamenanu.

Dari lima kasus demam berdarah 2019, diakui Wilhelmina, dua korban dirawat di RS Leona Kefamenanu dan tiga lainnya d RSUD Kefamenanu. "Saat ini semua yang dirawat itu sudah sembuh," jelasnya.

Wilhelmina menambahkan, pihaknya mendapat informasi seorang pasien demam berdarah dari Desa Oelulu meninggal dunia. Namun, kata Wilhelmina, setelah pihaknya melakukan pengecekan di lapangan, ternyata pasien itu menderita komplikasi, bukan meninggal karena demam berdarah saja.

"Saat pasien itu masuk rumah sakit ternyata bukan karena demam berdarah tetapi karena kelainan pencernaan, badannya panas terus, dan meninggal dunia. Itu bukan murni demam berdarah," ungkapnya.

Wilhelmina mengaku mengklarifikasi status pasien yang meninggal itu. "Jika pasien itu meninggal karena demam berdarah, maka kita akan menyatakan statusnya kejadian luar biasa. Kami belum lapor ini ke provinsi karena bukan disebabkan demam berdarah," jelasnya.

Wilhelmina mengakui kasus DBD di TTU meningkat drastis pada tahun 2019 jika dibandingkan tahun 2018. (mm)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Alfred Dama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved