TRIBUNWIKI

TRIBUNWIKI: Keheningan di Taman Wisata Alam 17 Pulau Riung. Intip Keluarga Ini Nikmati Liburan

Pesona 17 pulau di Kabupaten Riung tak kalah indahnya dengan gugusan bukit bukit kecil, hijau berderat sepanjang pantai

TRIBUNWIKI: Keheningan di Taman Wisata Alam 17 Pulau Riung. Intip Keluarga Ini Nikmati Liburan
Foto Rato Marianus untuk Pos Kupang
Rato Marianus bersama istri saat berada di Lokasi Wisata Alam Laut (LWAT) 17 pulau Riung Kabupaten Ngada 

POS-KUPANG.COM--Bukan cerita baru bila Propinsi Nusa Tenggara Timur memiliki segudang destinasi wisata. Pesonanya sangat indah. Ada dua destinasi wisata di NTT yang masuk dalam level dunia. Keindahan danau kelimutu yang dikenal dengan danau tiga warna di Kabupaten Ende dan buaya komodo di Kabupaten Manggarai Barat.

Dua destinasi ini masih tetap memikat wisatawan. Saban tahun, angka kunjungan wisata mengalami peningkatan.

Selain Danau Kelimutu dan Buaya Komodo, ada banyak aset wisata yang belum diekspose lebih gencar. Sebut saja, si mulut seribu dan Telaga Nirwana di Kabupaten Rote Ndao, pantai Tonggo Nangaroro di pesisir selatan kabupaten Nagekeo, Air panas Mengeruda So'a dan Fulan Fehan di Kabupaten Belu.

Rato Marianus bersama keluarga saat berkunjung ke lokasi wisata alam 17 Pulau Riung, Kabupaten Ngada
Rato Marianus bersama keluarga saat berkunjung ke lokasi wisata alam 17 Pulau Riung, Kabupaten Ngada (Foto Rato Marianus untuk Pos Kupang)

Pesona 17 pulau di Kabupaten Riung tak kalah indahnya dengan gugusan bukit bukit kecil, hijau berderat sepanjang bentangan pantai. Pesona bawah laut membuat para wisatawan betah memandang terumbu karang dan liukan ikan menari nari.

Dari sejumlah wisatawan yang bertandang kesana, ada juga wisatawan lokal asal kabupaten Ngada. Sebut saja Rato Marianus Sekeluarga. Wakil kepala sekolah SMAN 1 Kupang ini memboyong keluarganya untuk menikmati liburan akhir tahun.

Kelalawar yang terbang di lokasi wisata alam laut 17 pulau Riung Kabupaten Ngada
Kelalawar yang terbang di lokasi wisata alam laut 17 pulau Riung Kabupaten Ngada (Foto Rato Marianus untuk Pos Kupang)

"Saya membawa keluarga untuk liburan akhir tahun di 17 pulau Riung. Pilihan untuk berlibur disana karena pantainya indah dan nyaman. Selain itu, sebagai putra daerah asal Ngada, saya wajib mempromosikan aset wisata alam yang indah ini," ujar Noes, saat dikonfirmasi Pos Kupang, Sabtu, (19/1/2019).

Menurut Noes, keindahan Pulau Flores bukan hanya terdapat di Kepulauan Komodo. Dari barat hingga sisi timur pulau ini menyimpan potensi wisata yang sangat menakjubkan.

Salah satu wisata lainnya yang harus dikunjungi adalah sebuah taman laut di Kabupaten Ngada, bernama Taman Laut 17 Pulau Riung.

"Taman 17 pulau Riung Ngada itu unik. Ada sisi lain yang bikin hati pengunjung betah. Pengunjung diajak merasakan langsung keheningan dan keindahan alamnya," ujar ayah dari Yohanes R. Dheo Rato, Maria J. C. Ngadha Rato dan Allesandro B. K. Rato.

Rato Marianus foto bersama putrinya di lokasi Taman Wisata Alam Laut 17 Pulau Riung, Kabupaten Ngada
Rato Marianus foto bersama putrinya di lokasi Taman Wisata Alam Laut 17 Pulau Riung, Kabupaten Ngada (Foto Rato Marianus untuk Pos Kupang)

Suami dari Ronny Wawo ini mengakui, jika wisatawan masih jarang kesana. Hal ini dipengaruhi akses transportasi yang belum baik. Saat bertandang kesana, mereka banyak menemui jalan dari translok (mbay) menuju ke riung yang masih sempit, yang tidak dibersihkan penduduk setempat.

Halaman
123
Penulis: Rosalina Woso
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved