Berita Kabupaten Nagekeo

Tertibkan APK, Ini Permintaan Bawaslu Nagekeo

Bawaslu Nagekeo menertibkan seluruh Alat Peraga Kampanye (APK) yang tidak sesuai ketentuan menurut peraturan Perundang-Undangan.

Tertibkan APK, Ini Permintaan Bawaslu Nagekeo
POS KUPANG/GORDI DONOFAN
Petugas saat penertiban Alat Peraga Kampanye yang di Kota Mbay, Kabupaten Nagekeo, Kamis (17/1/2019). 

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Bawaslu Nagekeo menertibkan seluruh Alat Peraga Kampanye (APK) yang tidak sesuai ketentuan menurut peraturan Perundang-Undangan.

Penertiban APK dilaksanakan secara serentak diseluruh wilayah se Kabupaten Nagekeo mulai dari Desa, Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten, Kamis (17/1/2019).

Komisioner Bawaslu Kabupaten Nagekeo, Yohanes Emanuel Nane, menjelaskan, pelaksanaan penertiban APK merupakan kegiatan yang sebelumnya sudah ada pemberitahuan dan penegasan dari Bawaslu.

"Penertiban APK hari ini dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Kabupaten Nagekeo, dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Nagekeo, bersama Panwascam dan Pengawas Desa/Kelurahan.
Penertiban dilakukan setelah Surat pemberitahuan dan penegasan dari Bawaslu Kabupaten Nagekeo kepada Peserta Pemilu (Partai Politik dan Calon Perseorangan (DPD) tidak diindahkan," ujar Yohanes, kepada POS KUPANG.COM, Kamis (17/1/2019).

Ia mengaku titik sasar yang ditertibkan adalah Alat Peraga Kampanye (APK) atau Bahan Kampanye berupa stiker yg dipasang di luar zona pemasangan APK, di sekitar kantor lembaga pemeritahan, di dekat rumah Ibadah, di pohon-pohon.

Luna Maya dan Ariel NOAH Bakal CLBK, Begini Reaksi dan Jawaban Keduanya

BERITA POPULER: Isi Surat Bebas Ahok Nasib Jebolan Indonesian Idol & Mantan Syahrini Ditangkap

Bupati Don: Jangan Ada ASN Manuver dan Berpolitik Menggagalkan Pembangunan Waduk Lambo

Ia mengatakan APK yang ditertibkan disimpan di kantor Panwascam masing-masing Kecamatan.

Apabila peserta pemilu hendak mengambilnya kembali, lanjut Yohanes, silahkan menghubungi panwascam setempat atau langsung ke kantor Panwascam.

"Intinya kita kedepankan persuasi," ujarnya.

Ia menjelaskan sedangkan APK yang ada di wilayah privat (halaman rumah) tidak ditertibkan meski di luar zona pemasangan APK, apabila pemasangannya sudah pemilik seijin Pemilik lahan.

"Waktu penertiban pukul 09.00 Wita sampai selesai. Kegiatan ini mulai dari Bawaslu dan hirarki sampai ke Desa/kelurahan. Polisi kita hanya koordinasi penyampaian saja.
Seharusnya dengan POL PP, tapi berhubung personil Pol PP terbatas, kita hanya koordinasikan saja," papar Yohanes.(Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved