Pilpres 2019

Pilpres 2019 Harus Aman dan Damai

Massa pendemo saat mendengar penyataan pilpres dan pileg damai di depan Gedung DPRD Lembata, Kamis (17/1/2019).

Pilpres 2019 Harus Aman dan Damai
POS-KUPANG.COM/FRANS KROWIN
Massa pendemo saat mendengar penyataan pilpres dan pileg damai di depan Gedung DPRD Lembata, Kamis (17/1/2019). 

Laporan Wartawan Pos-Kupang.com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA -- Aliansi Masyarakat Lembata Menggugat (ASTAGA) mengimbau seluruh komponen masyarakat setempat agar selalu menjaga keamanan dan ketertiban dalam hidup sehari-hari agar terwujud pemilihan presiden (pilpres) yang aman dan damai.

Imbauan itu dibuatkan ASTAGA secara tertulis dan dibacakan Ketua ASTAGA Lembata, Mans Keraf ketika saat-saat terakhir unjukrasa di depan Gedung DPRD Lembata, Kamis (17/1/2019).

Naskah pernyataan damai itu diawali dengan ajakan kepada masyarakat agar menonton debat pertama presiden dalam pemilihan presiden (pilpres) yang ditayangkan media-media televisi. Masyarakat harus menontonnya agar mendengar dan memahami visi dan misi calon presiden dan wakil presiden.

Apabila visi misi itu didengar dan dipahami, maka hal tersebut tentunya menjadi pertimbangan masyarakat saat menjatuhkan pilihan pada saat hari pencoblosan yang dilakukan pada 17 April 2019 mendatang.

Diimbau pula agar seluruh masyarakat senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban dalam hidup sehari-hari. Bila kamtibmas selalu terpelihara, maka proses pilpres di Kabupaten Lembata akan berjalan baik, kondusif, damai dan sejuk.

Masyarakat juga, lanjut Mans Keraf, hendaknya menghindari berita-berita hoax, tidak terjebak dalam isu-isu murahan yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan melalui perpecahan antara suku, agama dan ras (sara).

Masyarakat juga hendaknya menghindari politik uang, karena politik uang akan merusak nilai-nilai demokrasi. Selain itu menghormati dan menghargai pilihan politik setiap warga negara, termasuk mengawal dan menyukseskan agenda pemilihan presiden dan pemilihan legislatif (pilpres dan pileg) yang sebentar lagi akan terlaksana.

Hingga saat ini, suasana pilpres dan pileg di Kabupaten Lembata senantiasa aman dan kondusif. Suasana ini diharapkan terus dijaga sehingga masyarakat dijauhkan dari pelbagai hal yang tidak diinginkan. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved