Berita Kabupaten Ende Terkini

Antisipasi Rabies di Ende ! Dinkes Siapkan 1000 VAR

Untuk mengantisipasi menyebarnya panyakit rabies saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Ende telah menyiapkan VAR sebanyak 1000 ampul yang bisa bertahan

Antisipasi Rabies di Ende ! Dinkes Siapkan 1000 VAR
POS-KUPANG.COM/ROMUALDUS PIUS
Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Rabies Dinas Kesehatan Kabupaten Ende, Sislaus Bendu, SKM

 Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM,ENDE--- Untuk mengantisipasi menyebarnya panyakit rabies saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Ende telah menyiapkan VAR sebanyak 1000 ampul yang bisa bertahan untuk satu hingga dua bulan kedepan.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Ende, dr Munafatma mengatakan hal itu melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Ende, Sislaus Bendu, Jumat (18/1/2019) ketika dikonfirmasi mengenai kasus rabies di Kabupaten Ende selama tahun 2019.

Sislaus mengatakan bahwa stok VAR di Dinas Kesehatan Kabupaten Ende mencukupi karena selain dengan stok yang telah ada Dinas Kesehatan Kabupaten Ende juga akan mendapatkan bantuan VAR dari Dinas Kesehatan Provinsi NTT.

“Kalau stok VAR mencukupi untuk satu hingga dua bulan kedepan bahkan lebih apabila VAR yang merupakan bantuan dari Dinas kesehatan Provinsi NTT sudah datang,”kata Sislaus.

Sislaus meminta kepada masyarakat untuk tidak kuatir soal stok VAR dan diharapkan apabila terjadi kasus gigitan hendaknya segera dibawa ke Dinas Kesehatan Kabupaten Ende guna mendapatkan suntikan VAR.

Soal ketersediaan VAR hanya ada di Dinas Kesehatan Kabupaten Ende, Sislaus mengatakan bahwa pihaknya pada dasarnya mengharapkan agar VAR bisa disebarkan di semua Puskesmas dalam wilayah Kabupaten Ende namun demikian hal itu tidak bisa dilakukan karena mengingat keterbatasan stok dan juga kelengkapan penyimpanan VAR.

“VAR termasuk barang mahal dan apabila tidak disimpan di tempat yang benar-benar steril maka dikuatirkan rusak dan saat ini baru di Dinas Kesehatan yang memiliki peralatan penyimpanan VAR yang memadai sedangkan di Puskesmas belum ada,”kata Sislaus.  (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved