Berita Kota Kupang

Kasus Selfina Etidena -Ombudsman Temukan 3 Dugaan Maladministrasi

Ada tiga maladmistrasi kami temukan dalam tindakan pemeriksaan terhadap Selfina M. Etidena (pelapor) oleh Petugas Satgas Pengamanan TKI di Bandara

Kasus Selfina Etidena -Ombudsman Temukan 3 Dugaan Maladministrasi
POS KUPANG/OBY LEWANMERU
Penyerahan LAHP oleh Kepala Perwakilan Ombudsman NTT , Darius Beda Daton,S.H kepada Plt Kadis Nakertrans NTT,Dra. Sisilia Sona . 

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Ombudsman RI Perwakilan Provinsi NTT menemukan tiga dugaan maladimistrasi yang dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) NTT dalam kasus Selfina M. Etidena.

Temuan tersebut berdasarkan serangkaian pemeriksaan Ombudsman NTT yang tertuang dalam Laporan Akhir Hasil Pemeriksaan (LAHP) .

Hal ini disampaikan Kepala Ombudsman RI Perwakilan NTT, Darius Beda Daton, Kamis (17/1/2019).

Menurut Darius, LAHP telah diserahkan ke Dinas Nakertrans NTT yang diterima langsung Plt.Kadis Nakertrans NTT,Dra. Sisilia Sona.

Menurut Darius, ada tiga maladministrasi yang ditemukan oleh Ombudsman saat melakukan pemeriksaan terhadap instansi terkait dalam hal ini Dinas Nakertrans NTT dan satuan tugas Anti human trafficking.

"Ada tiga maladmistrasi kami temukan dalam tindakan pemeriksaan terhadap Selfina M. Etidena (pelapor) oleh Petugas Satgas Pengamanan TKI di Bandara El Tari," kata Darius.

Ingin Cepat Hamil Di Usai 30 an? Coba 6 Tips Sederhana Ini Bisa Dilakukan Di Rumah Loh

Inggid Wakano Kunjungi Redaksi Pos Kupang. Ini yang Diminta Inggid

Intip Yuk! Ini Tips Hebat Di Ranjang Untuk Suami Istri Yang Punya Beda Usia 15-20 Tahun

Dijelaskan, hasil temuan itu sebagai rekomendasi kepada Dinas Nakertrans NTT.

Penyerahan itu dilakukan langsung Kepala Perwakilan Ombudsman NTT didampingi Tim Keasistenan Pemeriksaan Laporan Masyarakat kepada Plt Kadis Nakertrans NTT.

Dijelaskan, poin pertama yang menjadi sorotan adalah penyimpangan prosedur dalam menyelenggarakan pelayanan tanpa berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP), Bahkan, Dinas Nakertrans NTT tidak memiliki SOP dalam pelaksanaan tugas Pencegahan Tenaga Kerja Non Prosedural, Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di Pintu Keluar Bandara El Tari Kupang.

" Dinas Nakertrans Provinsi NTT tidak memiliki SOP Administratif mengenai alur pelayanan Satuan Gugus, dan tidak memiliki SOP Teknis terkait dengan tugas Satuan Gugus dalam melakukan penilaian indikasi dan interogasi calon penumpang/ calon TKI non prosedural," kata Darius.

Dicap WIL dari Dosen Politani Kupang Bergelar Doktor, Mahasiwi 18 Tahun Curhat di Akun Medsosnya

Ini Rencana Gubernur NTT Pindahkan Komodo Yang Tidak Ganas Ke Pulau Padar

Halaman
12
Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved