Berita Kabupaten Nagekeo

Ini Penegas Bupati Johanes Don Bosco Do ! Warga Nagekeo Tingkatkan Budaya Menanam

Bupati Nagekeo, dr. Johanes Don Bosco Do mengajak masyarakat di kabupaten Nagekeo agar meningkatkan budaya menanam pohon

Ini Penegas Bupati Johanes Don Bosco  Do ! Warga Nagekeo Tingkatkan Budaya Menanam
Humas Nagekeo untuk Pos Kupang.Com
┬áBupati Nagekeo, dr. Johanes Don Bosco Do saat melakukan tanam perdana anakan Cengkeh di Sorowea Desa Waedoa Kecamatan Nangaroro Kabupaten Nagekeo, Sabtu (12/1/2019). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Bupati Nagekeo, dr. Johanes Don Bosco Do mengajak masyarakat di kabupaten Nagekeo agar meningkatkan budaya menanam pohon.

Kabag Humas Setda Nagekeo, Gaspar Taka, kepada wartawan di Mbay mengatakan, ajakan tersebut diutarakan Bupati Don Bosco saat menghadiri acara tanam cengkeh perdana di Kampung Sorowae, Desa Woedoa, Kecamatan Nangaroro, Kabupaten Nagekeo.

Dalam arahannya, Bupati yang berpasangan dengan Marianus Waja itu menegaskan, sudah saatnya ASN dan masyarakat harus melakukan gerakan menanam pohon secara bersama.

Bupati Don Bosco menegaskan, budaya menanam itu bisa mulai dari lingkungan yang paling dekat yakni di pekarangan rumah, sekolah dan tempat kerja.

Menuju Pra PON 2019 ! Taekwondo NTT Siapkan Atlet Full Class

Pohon-pohon yang ditanam, kata dia, bisa macam-macam sebagai perindang. Bisa juga menanam tanaman hias lainnya yang memberikan dampak positif terhadap lingkungan.

“Di Mbay di tiga titik sudah ditanam oleh para ASN yaitu di Kelurahan Danga, Kelurahan Mbay I dan Kelurahan Lape,” ungkap Bupati Don.

Gaspar Taka menjelaskan, di Kampung Sorowae sendiri cengkeh ditanam di atas lahan seluas 42,8 hektare.

Lahan tersebut dibagi ke dalam tiga kelompok tani. Ketiganya yaitu kelompok tani Kasih seluas 7,5 hektare, kelompok Too Jogho seluas 15 hektare dan kelompok Besi Susa seluas 20,3 hektare.

"Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do, pada hari Sabtu, 12 Januari 2019, melakukan Tanam Perdana Cengkeh di Desa Woedoa, tepatnya di kampung Sorowea lama, dengan luas lahan 42,8 ha, terdiri dari 3 kelompok yaitu Kelompok Tani Kasih 7,5 ha, Kelompok Too Jogho 15 ha dan Besi susa 20,3 ha. Sebagai pengembangan dari budidaya Tanaman cengkeh di Nagekeo dengan luas total 991 ha, yang sudah berbunga atau sudah menghasilkan 513 ha dan belum menghasilkan 478 ha," ujar Gaspar Taka, Kamis (17/1/2019).

Ia mengatakan dalam arahan kepada masyarakat Desa Woedoa Bupati menegaskan, agar semua masyarakat memiliki budaya menanam mulai dari lingkungan yang paling dekat di pekerangan rumah, sekolah maupun tempat kerja kita, entah pohon perindang maupun Bunga tanaman hias lainnya pasti memberikan dampak positif bagi lingkungan kita.

"Sudah saatnya Bupati, para ASN dan masyarakat mempunyai gerakan yang sama untuk menanam pohon, di mbay di 3 titik sudah ditanam oleh para ASN yaitu di kel. Danga, kel. Mbay I dan kel. Lape, Pada jumat, 11 Januari 2019, diawali dengan Launching penanaman pohon di depan Kantor Bupati Nagekeo, oleh Bupati, wakil. Bupati, Pimpinan DPRD," ujar Gaspar Taka. (*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved