Berita Kabupaten Malaka

Pengawasan Partisipasi Efektif Cegah Pelanggaran Pemilu

Pengawasan partisipasi yang dilakukan elemen masyarakat di tingkat kecamatan dan desa dinilai efektif dalam mencegah tindakan pelanggaran pemilu.

Pengawasan Partisipasi Efektif Cegah Pelanggaran Pemilu
POS KUPANG/TENI JENAHAS
Ketua Panwas Malaka, Petrus Nahak Manek 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS KUPANG.COM| BETUN---Pengawasan partisipasi yang dilakukan elemen masyarakat di tingkat kecamatan dan desa dinilai efektif dalam mencegah tindakan pelanggaran pemilu.

Beberapa indikatornya adalah pemasangan alat peraga kampanye mulai tertib. Kemudian, surat izin kampanye atau Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) mulai dipenuhi sebelum pelaksanaan kampanye.

Hal itu dikatakan Ketua Bawaslu Kabupaten Malaka, Petrus Nahak Manek kepada Pos Kupang.Com, Selasa (15/1/2019).

Menurut Petrus Nahak, elemen masyarakat yang terlibat dalam pengawasan partisipasi pemilu adalah tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda yang ada di setiap kecamatan se-Kabupaten Malaka.

Pengelolah Wisata Pantai Oro Beach Keluhkan Tidak Adanya Layanan Listrik PLN

Peran mereka adalah mamantau dan mengecek setiap kegiatan politik seperti kampanye tatap muka serta kampanye dialogis dan rapat terbuka. Apabila mereka menemukan ada potensi pelanggaram pemilu, mereka langsung melaporkan kepada panwas. Atas laporan tersebut panwas mendatangi lokasi untuk mengecek kebenaran informasi yang disampaikan.

Bupati Malaka Perintahkan ASN Jadi Pelopor Kebersihan

Menurut Petrus, keterlibatan elemen masyarakat dalam melakukan pengawasan partisipatif sangat efektif. Masyarakat aktif menyampaikan laporan kepada panwas apabila mereka temukan ada kegiatan kampanye di wilayah sekitar mereka. Masyarakat biasa menanyakan kepada Bawaslu soal izin kampanye.

"Dampak dari pengawasan partisipatif ada. Contohnya, kalau ada caleg lakukan kampanye mereka tanya ke kita, apa ada surat izin tidak. Kalau ada kita kirim ke mereka. Begitu juga untuk tokoh agama biasa menghimbau keadilan pemilu," kata Petrus Manek

Petrus Manek sangat mengharapkan partisipasi aktif masyarakat untuk cepat memberikan informasi kepada bawaslu manakala ditemukan praktik politik uang. (*).

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved