Berita Kabupaten Malaka

KPU Malaka Rekrut Relawan Demokrasi ! Ini Tujuannya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malaka melakukan perekrutan relawan demokrasi pemilu serentak tahun 2019.

KPU Malaka Rekrut Relawan Demokrasi ! Ini Tujuannya
Pos Kupang.com/Teni Jenahas
FOTO--Divisi Hukum KPU Malaka, Emanuel Adipapa 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS KUPANG.COM| BETUN---Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malaka melakukan perekrutan relawan demokrasi pemilu serentak tahun 2019.

Perekrutan relawan ini berdasarkan surat edaran KPU RI Nomor 32/PP.08-SD/06/KPu/I/2019 tertanggal 9 Januari 2019.

Ketua KPU Malaka, Yeremias C. Kurniawan melalui Devisi Hukum, Emanuel Adipapa, S.H mengatakan hal itu kepada Pos Kupang.Com, Senin (14/1/2019).

Menurut Emanuel, perekrutan relawan demokrasi pemilu serentak berlaku secara nasional dengan tujuan meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu serentak 2019. Tugas relawan adalah mensosialisasikan tentang kepemiluan kepada kelompok masyarakat yang meliputi 10 kelompok.

Kelompok atau basis masyarakat yang menjadi sasaran sosialisasi dari relawan domokrasi yakni, kelompok pemilih pemula, keluarga muda, disabilitas, komunitas masyarakat, keagamaan, kelompok perempuan, warganet, masyarakat berkebutuhan khusus dan kelompok masyarakat marginal.

Robby Tumewu Meninggal Dunia, Ini Penyebabnya, Sakit Sudah Lama

Syarat utama relawan adalah orang yang sudah terdaftar dalam pemilih tetap (DPT). Untuk Kabupaten Malaka dibutuhkan 55 orang relawan. Relawan memiliki masa kerja selama tiga bulan dengan upah yang diberikan sebesar Rp 750 ribu per bulan. Anggaran bersumber dari DIPA KPU pusat.

Menurut Emanuel, saat ini KPU masih melakukan perekrutan lalu diseleksi secara administrasi. Pelamar yang dinyatakan lulus akan diumumkan. Sebelum relawan mulai bekerja, KPU akan memberikan bimbingan teknis kepada relawan sehingga relawan dapat bekerja sesuai yang diharapkan.

Emanuel berharap kepada KPU Pusat untuk lebih cepat memberikan petunjuk teknis (juknis) tentang relawan, terutama juknis mengenai alat peraga yang digunakan relawan saat melakukan sosialisasi nanti. (*).

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved