Berita Kabupaten Malaka

Petugas Kesehatan Datangi Keluarga di Rumahnya. Ini Tujuannya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka menyelenggarakan Workshop Program Indonesia Sehat, di Aula Susteran SSPs Betun, Desa Wehali, Kecamatan Malaka Tengah

Petugas Kesehatan Datangi Keluarga di Rumahnya. Ini Tujuannya.
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
WORKSHOP--Workshop Program Indonesia Sehat yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka, di Aula Susteran SSPs Betun, Jumat (11/1/19). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS KUPANG.COM| BETUN---Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka menyelenggarakan Workshop Program Indonesia Sehat, di Aula Susteran SSPs Betun, Desa Wehali, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka Jumat (11/1/19).

Workshop ini sebagai bentuk tindaklanjut Program Indonesia Sehat menuju masyarakat Indonesia yang sehat. Kegiatan dibuka Kadis Kesehatan Kabupaten Malaka, Paskalia Frida Fahik.

Paskalia dalam sambutannya mengatakan, workshop yang dihadiri petugas kesehatan dari 20 puskesmas se Kabupaten Malaka ini membahas tentang langka kongkret dari program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga.

Pendekatan ini dilaksanakan mulai dari tingkat bawah yakni puskesmas untuk meningkatkan jangkauan sasaran dengan mendatangi keluarga. Dengan mendatangi keluarga di rumahnya, petugas kesehatan dapat mengenal masalah-masalah kesehatan yang dihadapi masyarakat secara menyeluruh.

Menurut Paskalia, program Indonesia Sehat bukanlah program baru tetapi program yang terintegrasi. Ketika melakukan kunjungan rumah, semua program berjalan bersamaan.

Doktor Tertangkap Basah Oleh Istri dan Anaknya Sedang Bareng Dengan Mahasiswi di Kos

Lewat program ini akan memperkuat manajemen puskesmas dimana data yang didapat dari hasil kunjungn rumah dianalisi untuk melakukan tindaklanjut.

Menurut Paskalia, dalam Program Indonesia Sehat terdapat tiga pilar, pertama paradigma sehat yang berarti mengutamakan promotif dan preventif serta pemberdayan masyarakat; kedua penguatan pelayanan kesehatan yaitu meningkatkan akses dan mutu pelayanan FKTP maupun FKTL serta optimalisasi sistem rujukan. Ketiga Jaminan Kesehatan Nasional yaitu, prinsip kegotongroyongan, kendali mutu dan kendali biaya (*).

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved