Berita NTT Terkini

Pemprov NTT Diminta Segera Tetapkan Biaya Masuk ke TNK

Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT diminta segera menetapkan biaya masuk ke kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) yang permanen Jika tidak maka akan

Pemprov NTT Diminta Segera Tetapkan Biaya Masuk ke TNK
Pos Kupang.com/Servan Mamilianus
Wajah Kota Labuan Bajo 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/KUPANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT diminta segera menetapkan biaya masuk ke kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) yang permanen Jika tidak maka akan mengganggu pariwisata di NTT, khususnya di Manggarai Barat.

Hal ini disampaikan Anggota Komisi V DPRD NTT, ,Yohanes Rumat, S.E Jumat (11/1/2019).

Menurut Yohanes rencana menaikan tarif masuk di TNK harus ditetapkan secara permanen oleh pemerintah, sehingga tidak mengganggu kunjungan wisatawan ke Manggarai Barat dan khususnya ke TNK.

Dia menjelaskan, kemungkinan penetapan tarif masuk itu disesuaikan dengan klasifikasi ataukah merata.

"Mugkin akan dilakukan berdasarkan kelas-kelas pemberlakukan tarif masuk itu. Seperti kapal juga ada kelas," kata Yohanes.

Dijelaskan, Komodo itu hanya adadi NTT dan di Manggarai Barat, karena itu harus menjadi perhatian pemerintah‎ dalam mengatur dan mengelola kawasan itu.

"Tentu akan ada aturan, seperti peraturan gubernur atau lainnya. Sehingga kita harapkan ada angka pasti supaya tidak menimbulkan tanda tanya dari masyarakat," katanya.

Dikatakan, tujuan dari pemerintah itu baik, namun jangan sampai niat baik itu mematikan atau mempengaruhi masuknya wisatawan ke TNK.

‎Namun, lanjutnya, rencana pengambilalihan pengelolaan TNK oleh Pemprov NTT maupun penentuan tarif masuk belum diketahui pasti oleh DPRD NTT, pasalnya DPRD NTT sampai saat ini hanya mendengar dan membaca saja dari media soal rencana ambil alih pengelolaan TNK. (*)

Yohanes Rumat
Yohanes Rumat (pos kupang/robert ropo)
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved