Berita Kabupaten TTS

Kabupaten TTS Masih Kekurangan 130 Kotak Suara Untuk Pemilu 2019

Dari hasil pengecekan diketahui, logistik yang dikirim belum sesuai dengan kebutuhan di 1.239 TPS se Kabupaten TTS

Kabupaten TTS Masih Kekurangan 130 Kotak Suara Untuk Pemilu 2019
POS-KUPANG.COM/Dion Kota
Sekertaris KPU Kabupaten TTS, Marcel Taneo 

POS-KUPANG.COM| SOE -– Sebagian besar logistik pemilu 2019 seperti kotak suara, bilik suara, tinta, segel dan sampul surat suara telah di kantor sekertariat KPU Kabupaten TTS. Usai tiba, sekertariat KPU Kabupaten TTS langsung melakukan pengecekan logistik. Dari hasil pengecekan diketahui, logistik yang dikirim belum sesuai dengan kebutuhan di 1.239 TPS se Kabupaten TTS .

Jumlah kotak suara misalnya, dari total kebutuhan sebanyak 6.547 kotak suara, yang telah tiba baru 6.417 kotak suara. Masih terjadi kekurangan sebanyak 130 kotak suara. Bilik suara juga mengalami kekurangan. Saat ini bilik suara yang telah tiba sebanyak 3.120 bilik suara masih kurang 96 bilik suara.

Hal yang sama juga terjadi pada tinta. Dari total kebutuhan tinta sebanyak 2.478 botol, saat ini yang telah tiba sebanya 2.432 botol dan masih kekurangan 46 botol tinta. Kurangan juga terjadi pada segel dan sampul surat suara.

" Kita sudah koordinasi dengan KPU Propinsi NTT maupun KPU RI terkait kekurangan logistik yang terjadi sebagai dampak penambahan 23 TPS baru. Sesuai hasil koordinasi, kekurangan logistik yang terjadi akan segera dilengkapi paling lambat awal bulan Februari mendatang," ungkap Sekertaris KPU Kabupaten TTS, Marcel Taneo saat ditemui pos kupang, Jumat ( 4/1/2019) di ruang kerjanya.

222 Peserta Lolos Testing CPNS di Manggarai

44 Kuota CPNSD Kabupaten TTS Tidak Terisi

Polsek Laenmanen Mengamankan Barang-Barang Penumpang Bus Lima Jaya

Ketika disinggung apakah KPU Kabupaten TTS akan melakukan uji terhadap kotak suara yang berbahan gardus tersebut, Marcel mengatakan, hal tersebut tidak akan dilakukan.

Pasalnya, uji ketahanan kotak suara telah dilakukan oleh KPU RI sehingga pihak tidak berniat untuk melakukan uji ketahanan kotak suara lagi. Untuk perakitan kotak suara akan dilakukan pada bulan Februari mendatang dan ditargetkan akan rampung dalam dua minggu.

" Kita tidak ingin berpolemik dengan melakukan uji ketahanan kotak suara lagi. Kita fokus untuk melengkapi logistik yang masih kurang dan melakukan perakitan kotak suara. Kita optimis, bulan Februari mendatang seluruh logistik pemilu 2019 mendatang telah siap," terang Marcel.

Ketika disinggung terkait logistik APK Partai politik peserta pemilu 2019, Marcel mengaku, belum diserahkan kepada partai politik. Pasalnya hingga saat APK yang dicetak sejak tahun 2018 dengan penunjukan langsung tersebut tak juga kelar.

Marcel menyebut jika APK tersebut masih dalam proses. Dirinya kembali berjanji untuk kesekian kalinya jika pekan depan APK sudah akan diserahkan kepada partai politik.

" Kalau APK partai politik belum selesai. Yang sudah tiba baru APK Caleg DPD RI. Paling pekan depan sudah kita serahkan APK milik partai politik, " janjinya. (Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Dion Kota)

Penulis: Dion Kota
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved