Berita Techno

Anda Wajib Tahu Angka SAR pada Smartphone yang Miliki Radiasi Tinggi

Besar radiasi yang dikeluarkan oleh sebuah smartphone dapat diukur dengan menggunakan unit pengukuran yang dikenal sebagai SAR.

Anda Wajib Tahu Angka SAR pada Smartphone yang Miliki Radiasi Tinggi
Globalamend
Smartphone 

POS-KUPANG.COM--Smartphone/ponsel saat ini sudah menjadi bagian dari hidup manusia. Perangkat ini kini tak bisa dijauhkan dari aktivitas sehari-hari dan menjadi kebutuhan utama.

Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya, apakah penggunaan smartphone ini bisa berpengaruh buruk pada tubuh? Pertanyaan ini sering kali muncul karena smartphone memiliki radiasi yang bisa berbahaya bagi tubuh.

Besar radiasi yang dikeluarkan oleh sebuah smartphone dapat diukur dengan menggunakan unit pengukuran yang dikenal sebagai Angka Absorpsi Spesifik atau SAR.

Menurut pedoman dari Komisi Internasional tentang Perlindungan Radiasi Non-Ionisasi (ICNIRP), batas aman angka SAR untuk perangkat seluler adalah maksimum 2 W/kg.

Belasan Penumpang Luka-luka Setelah Xenia Bertabrakan dengan Pikap di Bundaran El Tari Kupang

Bapak Ini Nikahkan Anak Kembarnya yang Berusia 6 Tahun. Begini Alasan

Malam Tahun Baru 2019, Fortuner Hitam “Terbang” di Jembatan Liliba Kupang

Biasanya, setiap ponsel memiliki dua angka SAR yang berbeda, yakni angka SAR pada penggunaan dekat kepala (head) dan angka SAR saat didekatkan pada badan (body).

Lantas ponsel apa saja yang memiliki tingkat radiasi tertinggi? Dikutip dari Phone Arena, Rabu (2/1/2019), berikut ini adalah daftar ponsel dengan angka SAR yang paling tinggi pada 2018.

Apple iPhone XS Max: Penggunaan pada kepala (Head): 1.00 W/kg, penggunaan pada badan (Body): 1.00 W/kg, Simultaneous Transmission (ST): 1.52 W/kg

Apple iPhone XS: Head: 0.90 W/kg, Body: 0.99 W/kg, ST: 1.53 W/kg

Apple iPhone XR: Head: 0.90 W/kg, Body: 1.10 W/kg, ST: 1.59 W/kg

Samsung Galaxy Note 9: Head: 0.27 W/kg, Body: 0.76 W/kg, ST: 1.59 W/kg

Halaman
123
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved