Berita Kota Kupang Terkini

Kemensos Berikan Jaminan Hidup PSK Karang Dempel Rp 5,5 Juta Per Orang

Kemensos memberikan jaminan hidup selama tiga bulan kepada para PSK yang beroperasi di Karang Dempel, Kota Kupang, sebesar Rp 5,5 juta

Kemensos Berikan Jaminan Hidup PSK Karang Dempel Rp 5,5 Juta Per Orang
POS-KUPANG.COM / AMBUGA LAMAWURAN
Plang Penutupan Lokalisasi Karang Dempel di Karang Dempel. Foto dilakukan pada Selasa (1/1/2019). 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia memberikan jaminan hidup selama tiga bulan kepada para Pekerja Seks Komersial (PSK) yang beroperasi di Karang Dempel, Kota Kupang, sebesar Rp 5,5 juta. 

 Hal ini dikatakan Kepala Dinas Sosial Kota Kupang Felisberto Amaral, usai bersama tim gabungan melakukan penutupan lokalisasi Karang Dempel, Selasa (1/1/2019). 

 Dia menjelaskan, para PSK yang berlokasi di Karang Dempel tersebut akan dipulangkan ke tempat asalnya, dan diberikan jaminan hidup. 

Lokalisasi Karang Dempel Resmi Ditutup Mulai 1 Januari 2019

 Mengenai tanggung jawab Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang, kata Felisberto, hanya menyiapkan tiket pemulangan.  "Pemberdayaan juga menjadi tanggungan kemensos," ujarnya. 

 Dia melanjutkan, saat ini adalah tahapan penutupan dan pemasangan plang. Setelah itu, akan dilakukan rapat koordinasi antara Dinas Sosial Kota Kupang dan Provinsi NTT bersama Kemensos RI. 

Zumba dan Konser Dangdut Dua Artis Ibukota Gemparkan Kota Kefamenanu

 "Pada awal bulan Februari, akan dilakukan deklarasi penutupan dan pengosongan lokasi," jelasnya. 

 Walau telah dilakukan penutupan, katanya, para PSK masih dibolehkan menempati Karang Dempel sampai dilakukannya deklarasi penutupan. 

 Tetapi, para PSK dilarang melakukan aktivitas seperti yang selama ini dilakukan.  "Kalau kedapatan, maka izin penginapan akan dicabut," terangnya. 

 Dia mengatakan, berdasarkan data yang dimiliki, jumlah PSK penghuni KD sebanyak 145 orang. Sebelas orang berasal dari provinsi NTT.  "Ada empat orang dari Kota Kupang," terangnya. 

 Dirinya sangat berharap masyarakat turut membantu mengawasi aktivitas prostitusi yang dilakukan, baik di KD maupun tempat lain.  (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ambuga Lamawuran)

Penulis: Lamawuran
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved