Editorial Pos Kupang

Untuk Perempuan dan Anak

Pemerintah telah mengambil bagian yang utuh dalam pemberdayaan perempuan, pengarusutamaan gender dan perlindungan anak.

Untuk Perempuan dan Anak
ilustrasi

POS-KUPANG.COM - Pada tempat pertama kita patut menyampaikan proficiat kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang yang menerima Anugerah Parahita Ekapraya, sebuah komitmen yang tinggi dalam mengimplementasikan strategi pengarusutamaan gender (PUG) pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di berbagai sektor pembangunan.

Award yang diterima Walikota Kupang, Jefri Riwu Koreh di Jakarta hanya sehari menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sesuatu yang membanggakan sekaligus tantangan bagi kita yang menghuni Kota KASIH. Penghargaan itu bukan sekadar "bagi-bagi" jatah karena tahun lalu daerah lain sudah mendapatkannya. Penghargaan itu karena prestasi yang telah ditorehkan pemerintah dan masyarakat Kota Kupang

Intip Ramalan Zodiak Minggu 23 Desember 2018: Aquarius Siap Terima Kabar Baik. Zodiak Lain?

Jangan Lewatkan Film Terbaru BTS Tanggal 25 Desember 2018 Sampai 31 Januari 2019, Dapatkan Tiketnya

Drakor Clean With Passion For Now Rating Tertinggi di Episode 1, Malam ini Episode 2 Tayang

Pemerintah telah mengambil bagian yang utuh dalam pemberdayaan perempuan, pengarusutamaan gender dan perlindungan anak. Tiga titik bidik ini terasa penting karena antara perempuan dan anak tak bisa dipisahkan. Sisi yang sederajat.

Perempuanlah yang memberi kehidupan. Rahimnya melahirkan anak manusia.
Karena itu sangat tabu bila seorang perempuan diperlakukan tak manusiawi. Dalam kenyataan sosial, perempuan masih menempati posisi subordinasi. Ia menjadi kelas dua dan dipandang lemah. Justru itulah Pemkot mulai memerangi struktur sosial yang diskriminatif itu dan menghasilkan penilaian positif berupa Anugerah Parahita Ekapraya.

Kita patut bangga karena di tengah berbagai kesulitan dan kendala, Pemkot masih Kupang memberi perhatian tak kecil pada perempuan, pengarusutamaan gender dan perlindungan pada anak. Meski kita harus akui bahwa persoalan kekerasan pada perempuan dan anak masih banyak kita temui di sini, di kota kita ini.

Dari banyak aspek Kota Kupang punya banyak kelebihan. Sebagai ibukota provinsi, sebagai kota pelajar dan kota pariwisata. Karena itu wajar bila aspek-aspek ini patut diperjuangkan dan menjadi contoh bagi kabupaten lain di NTT.

Penghargaan itu tak hanya dari aspek administratif belaka, namun patut menyata dalam kehidupan sehari-hari. Ibu-ibu dan anak-anak semakin terlindungi dan mendapatkan perlakuan sepantasnya.

Tidak juga dalam konteks memanjakan. Tetap secara proporsional. Hak-haknya diberikan dalam berbagai aspek. Kita lihat kaum perempuan sudah menyadari akan peran dan tanggung jawabnya. Mereka mulai membangun rasa percaya diri dan tuntutan lain.

Di bidang politik, misalnya mereka sudah banyak menempati posisi-posisi strategis. Mereka telah terlibat secara langsung dalam setiap pengambilan keputusan publik.
Jika demikian maka tugas kita adalah memberi dukungan penuh. Anak-anak pun
demikian. Kita tak boleh lagi membiarkan mereka tumbuh dalam keterbatasannya.

Memberi dukungan sebagai kewajiban hakiki setiap orangtua dan masyarakat kepada anak. Berikan mereka perhatian sesuai dengan usianya. Doronglah mereka membangun masa depan yang lebih cerah. *

Penulis: PosKupang
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved