Editorial Pos Kupang

Memaknai HUT Provinsi NTT

Jika dikaitkan dengan manusia, usia 60 tahun yang dirayakan Pemprov NTT saat ini bukanlah usia muda. Itu adalah usia pensiun

Memaknai HUT Provinsi NTT
Peta NTT 

POS-KUPANG.COM - Hari ini Kamis 20 Desember 2018 Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60. Sudah lazim terjadi, sebelum memasuki hari puncak, hari-hari menjelang hari puncak diisi dengan berbagai kegiatan.

Sementara di hari puncak, sesuai agenda kegiatan yang dirilis panitia akan dilaksanakan pentas seni budaya (tari kreasi), modeling dan fashion show, body contest, adu ponco, dapur olahan kelor dan aksi donor darah.

Kegiatan yang berlangsung di halaman depan Kantor Gubernur NTT tersebut melibatkan SMA/SMK se-Kota Kupang, OPD lingkup Pemprov NTT, para seniman, perhimpunan petani kelor dan lainnya.

Jika dikaitkan dengan manusia, usia 60 tahun yang dirayakan Pemprov NTT saat ini bukanlah usia muda. Itu adalah usia pensiun bagi PNS. Usia yang secara umum kurang bahkan tidak produktif lagi. Idealnya, pada usia ini manusia tinggal menikmati hasil dari kerjanya sebelum memasuki masa pensiun atau sebelum usia 60 tahun.

Lantas bagaimana dengan Provinsi NTT? Provinsi NTT walaupun sudah memasuki usia 60 tahun tapi tidak bisa pensiun. Pemerintah dan masyarakatnya harus terus bekerja keras bergandengan tangan untuk memajukan daerah ini.

Walaupun secara fisik selama ini Provinsi NTT mengalami perubahan dari tahun ke tahun, namun perubahan fisik provinsi lainnya di Indonesia juga semakin kencang, sehingga kemajuan fisik yang terjadi di Provinsi NTT seolah tidak berarti dibandingkan dengan kemajuan provinsi lainnya di Indonesia.

Untuk itulah melalui momentum HUT ke-60 Provinsi NTT, apalagi dirayakan dalam suasana menjelang perayaan Natal dan memasuki tahun baru, harus bisa melahirkan semangat baru dalam membangun NTT. Semangat baru itu tidak hanya berada pada pemimpin daerah ini sebagai katalisator dan motivator pembangunan, tapi juga harus tumbuh dan berkembang dalam seluruh elemen masyarakat.

Semangat baru dalam konteks memajukan pembangunan Provinsi NTT adalah bersama-sama mendukung kebijakan dan program pemerintahnya. Jika gubernur sebagai pemimpin daerah ini mempunyai program yang bagus dalam membawa masyarakat daerah ini ke arah yang lebih maju, maka seluruh elemen masyarakat daerah ini harus sama-sama mendukungnya. Hindari pemikiran yang dilatari kepentingan politik semata.

Wujud dukungan dan kerja sama lainnya ialah dengan terus melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan dan program pimpinan daerah sehingga pelaksanaan program tersebut tidak keluar dari apa yang direncanakan.

Pentingnya pengawasan ini karena pimpinan daerah juga adalah manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. Jika semua program pimpinan daerah berjalan dengan baik dan lancar karena mendapat dukungan dari seluruh elemen masyarakat maka usaha memajukan Provinsi NTT berhasil dengan baik. *

Penulis: PosKupang
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved