Berita Kabupaten Belu

‎Kecamatan Raihat Butuh SMA ! Ini Permintaan Sekretaris Camat

Kecamatan Raihat, Kabupaten Belu membutuhkan satu SMA untuk mengakomodir para siswa tamatan ‎dari SMP di wilayah setempat. Banyak siswa lulusan dari

‎Kecamatan Raihat Butuh SMA ! Ini Permintaan Sekretaris Camat
POS-KUPANG.COM/ Oby Lewanmeru
Sekcam Raihat, Drs. Sidonio Da Silva pose dengan Anggota Komisi V DPRD NTT, Winston Rondo ketika mendatangi DPRD NTT, Jumat (21/12/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM,Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/KUPANG - Kecamatan Raihat, Kabupaten Belu membutuhkan satu SMA untuk mengakomodir para siswa tamatan ‎dari SMP di wilayah setempat.
Banyak siswa lulusan dari SMP setempat banyak tidak melanjutkan sekolah akibat ketiadaan SMA.

Hal ini disampaikan Sekcam Raihat, Drs. Sidonio Da Silva ketika mendatangi DPRD NTT, Jumat (21/12/2018).

Saat di DPRD NTT , Sidonio ‎bertemu Anggota Komisi V DPRD NTT, Winston Neil Rondo.

Menurut Sidonio, kebutuhan sekolah lanjutan atau sekolah menengah di Raihat memang sudah sejak dulu. Pasalnya, setiap lulu‎san dari SMP hanya sebagian kecil yang diakomodir di SMK.

"Di Raihat hanya ada satu SMK‎ saja, sementara tidak bisa akomodir lulusan dari empat SMP. Apalagi saat ini penerimaan siswa gunakan sistem zonasi," kata Sidonio.
Dia menjelaskan, empat SMP yang ada di Raihat itu adalah SMPN 2 Tasifeto Timur, SMPN 2 Manuk, SMP Turiskain dan SMP Satu Atap Wetear.

Bank NTT Cabang Mbay Adakan Dapur UMKM

"Setiap tahun empat sekolah ini luluskan hampir 300 siswa ‎. Sementara lulusan yang diakomodir di SMK Raihat hanya sebagian kecil atau hanya 150 siswa," katanya.
Dikatakan, kondisi ini menyebabkan banyak lulusan yang putus sekolah,karena selain penerimaan menggunakan zonasi juga daya tampung di SMK Raihat.

"Karena itu, lulusan banyak yang tidak bisa lanjut. Kalaupun ada yang lanjut harus ke kecamatan tetangga seperti Kecamatan Lasiolat dan Lamaknen, ketika di kecamatan itu masih ada daya tampung," ujarnya.

Sidonio mengatakan, selaku pemerintah kecamatan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten Belu‎ untuk bisa mendukung rencana pembangunan SMA di Raihat. "Ini wilayah perbatasan, karena itu kita harapkan pemerintah bisa perhatikan agar bisa dibangun satu SMA," ujarnya.

Dia mengakui, pihaknya sudah menyiapkan lahan untuk pembangunan SMA di dekat kompleks Kantor Camat.

Halaman
12
Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved