Opini Pos Kupang

Bukan Sekadar Tujuh Bendungan

Pemerintah pusat menjawabi persoalan kebutuhan air NTT dengan mengalokasikan tujuh bendungan yang diawali dengan Raknamo

Bukan Sekadar Tujuh Bendungan
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Bendungan Rotiklot di Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak Kabupaten Belu, Provinsi NTT. 

Oleh Herman Seran
 Associate Researcher  di IRGSC Kupang & Co-Editor Buku Membangun Indonesia dari Pinggiran

POS-KUPANG.COM - Dalam dunia konstruksi sering ditemukan pekerja atau pegawai yang berasal dari daerah yang sebelumnya memiliki projek konstruksi sejenis.

Tahun 1997 ketika menjadi mahasiswa Co-Op Program di Freeport Indonesia, penulis bertemu banyak orang Cilacap yang kerja di konstruksi kilang pabrik. Mereka dipekerjakan lantaran akumulasi pengalaman kerja di projek kilang minyak Cilacap.

Apa relevansinya bagi NTT yang memiliki tingkat pengangguran terbuka 2.98% (sekitar 76,300 orang) per Februari 2018?

Pemerintah pusat menjawabi persoalan kebutuhan air NTT dengan mengalokasikan tujuh bendungan yang diawali dengan Raknamo, Desember empat tahun silam dan berencana menyelesaikan, Bendungan Temef, salah satu bendungan terbesar di NTT tahun 2022.

BTS Bubar 3000 Petisi Pembubaran BTS Diterima Pemerintah Korea Selatan? Ini Reaksi Army

Tiap Orang Punya Daya Tarik Utama Dalam Dirinya, Ketahui Daya Tarikmu Berdasarkan Zodiak

Drakor Clean With Passion For Now Rating Tertinggi di Episode 1, Malam ini Episode 2 Tayang

Target Kementerian PUPR adalah soal infrastruktur dasar, tetapi setiap belanja pemerintah menimbulkan dampak ekonomi dan sosial yang berganda.

Di sinilah persoalannya, sejauh mana pemerintahan daerah, entah provinsi maupun kabupaten, memastikan bahwa dampak kehadiran dana Rp5,9 trilin itu mampu menjadi leverage power bagi perekonomian daerah dan sekaligus menjadi momentum penguatan kapasitas tenaga kerja dan institusi lokal NTT.

Kontraktornya saja dikuasai kepada BUMN agar uangnya tidak keluar. Mengapa pula pendidikan tinggi NTT tak memastikan bahwa selama kurun waktu 2014 -2022, banyak lulusannya memiliki keunggulan kompetitif di semua aspek pembangunan bendungan? Apa imajinasi dinas-dinas yang mengurusi perekonomian dan ketenagakerjaan di NTT menanggapi kehadiran proyek-proyek besar ini?

Sudah saatnya, lembaga pendidikan dan pemerintah NTT memastikan bahwa NTT mendapatkan keuntungan maksimal dari kehadiran proyek tujuh bendungan yang bernilai hampir Rp 6 triliun ini. Apa saja yang harus dilakukan?

Momentum kehadiran proyek raksasa ini semestinya dipastikan untuk memberi dampak ekonomi dan sosial maksimal bagi NTT, bukan tereduksi menjadi sekadar ketersediaan air bersih. Proyek adalah ladang belajar bagi mahasiswa dan universitas, untuk memastikan teori terhubung dengan baik di lapangan (linked & matched) dan kesempatan penguatan kapasitas institusi.

Halaman
123
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved