Parodi Situasi

Tungku Haram dan Moratorium TKI

TKI khususnya TKW yang jadi korban dagang orang. Bagaimana dagang orang terjadi secara masif di depan hidung sanak saudara sendiri.

Tungku Haram dan Moratorium TKI
FB
Ilustrasi

Oleh Maria Matildis Banda

"Masih ingat Tungku Haram?"

Itu drama kolosal karya Pater Yohan Wadu, SVD, yang dipentaskan Teater Evergrande SMAK Syuradikara Ende. Berkisah tentang TKI yang menderita dengan berbagai bentuk kekerasan.

TKI khususnya TKW yang jadi korban dagang orang. Bagaimana dagang orang terjadi secara masif di depan hidung sanak saudara sendiri. Tungku bagi NTT yang dipandang sebagai simbol persatuan dan kehidupan, kehilangan maknanya ketika kehidupan diperjuangkan dari hal yang haram! Termasuk di dalamnya human trafficking alias perdagangan orang.

***
"Oh, yang dipentaskan di halaman Gedung DPR Provinsi NTT di Jalan El Tari Kupang kah? Apa harapannya ya?" tanya Rara. "Oh, jangan sampai pekejaan kita berdua sebagai tukang dagang orang jadi kacau gara-gara Tungku Haram."

Cerita Jin BTS Soal BTS yang Sempat akan Bubar, 3.000 Orang Pernah Bikin Petisi Pembubaran BTS

Drakor Clean With Passion For Now Rating Tertinggi di Episode 1, Malam ini Episode 2 Tayang

Sayangilah Para Nelayan NTT

"Dagang orang! Dagang perempuan! Dagang saudara-saudari kita sendiri!" sambung Nona Mia. "Mudah-mudahan moratorium TKI itu bergerak cepat diikuti dengan segenap perangkat hukum yang bergigi dan tegas, diikuti dengan aksi nyata, diikuti dengan berkurangnya angka dagang orang!"

"Moratorium apa?" Jaki dan Rara mengerti tetapi pura-pura tidak mengerti karena merasa diri terlibat dalam kasus-kasus dagang orang.

***

"Gubernur satu dua NTT bertekad untuk urus tuntas TKI asal NTT."
"Oh begitu ya?" sambung Jaki. "Syukur jika dapat juara satu dari bawah."
"Optimis dengan tekad gubernur satu dua!"sambung Benza.

"Gubernur satu dua yang mana?" tanya Rara.

Halaman
123
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved