Berita Internasional

Australia Bentuk KPK Tingkat Federal, Praktisi Hukum: Tidak Bergigi dan Tanpa Kewenangan

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengumumkan pembentukan komisi pemberantasan korupsi tingkat federal

Australia Bentuk KPK Tingkat Federal, Praktisi Hukum: Tidak Bergigi dan Tanpa Kewenangan
ABC News/Ian Cutmore
Jaksa Agung Christian Porter dan Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengumumkan model KPK yang terdiri atas dua divisi, Kamis (13/12/2018). 

POS-KUPANG.COM - Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengumumkan pembentukan komisi pemberantasan korupsi tingkat federal, setelah terus mendapat tekanan dari politisi lintas-fraksi di parlemen.

Seperti diberitakan laman ABC Australia, Partai Buruh yang beroposisi, Partai Hijau dan parpol kecil selama ini berkampanye bagi dibentuknya lembaga antikorupsi, dengan dasar sistem yang ada saat ini sudah tak memadai lagi.

Sebelumnya, dalam akhir masa sidang parlemen, PM Morrison mengatakan pemerintahannya tak akan menentang pembentukan lembaga ini di tingkat nasional. Namun saat itu dia menyebutnya sebagai isu kecil yang dibesar-besarkan pihak oposisi.

Saat ini di Australia, lembaga pemberantasan korupsi berada di tingkat negara bagian dengan kewenangan di lingkup negara bagian tersebut.

Dalam pengumumannya hari Kamis (13/12/2018), PM Morrison menegaskan kepercayaan masyarakat kepada lembaga pemerintahan dan pegawai negeri sangat penting artinya.

Lembaga baru ini akan memiliki dua divisi, yaitu divisi integritas penegak hukum dan divisi integritas sektor pegawai negeri.

"Kami mempelajari semua alternatif yang ada. Kami percaya inilah cara terbaik untuk itu. Cara paling masuk akal, terukur, dipertimbangkan dengan hati-hati untuk mengatasi permasalahan ini," kata PM Morrison.

Pemerintah akan membentuk jabatan baru yang disebut Komisaris Integritas Commonwealth, yang memiliki kewenangan pengawasan atas kedua divisi tersebut.

Di bawah pejabat ini juga akan ditunjuk dua komisaris, yaitu Komisaris Integritas Penegak Hukum dan Komisaris Integritas Sektor Pegawai Negeri.

Komet Natal, Hujan Meteor Menerangi Langit Australia pada Jumat Malam

4 Nilai Hidup yang Kita Pelajari dari Memiliki Pohon Natal Asli Setiap Tahun

Tips Mencari Sofa Berkualitas di Kota Kupang, Hom Meubel Sediakan Sofa Idaman Anda

Divisi penegak hukum merupakan perluasan dari lembaga yang sudah ada yang memiliki yurisdiksi atas Kepolisian Federal, Austrac (semacam PPATK), Departemen Dalam Negeri dan bagian dari Departemen Pertanian dan Sumber Daya Air.

Halaman
1234
Penulis: Agustinus Sape
Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved