Berita Prakiraan Cuaca

Nelayan Agar Waspada Gelombang di Selat Sumba Hingga 2,5 Meter

Potensi tinggi gelombang di selat Sumba, perairan selatan Sumba, Laut Sawu, Samudera Hindia selatan NTT dan laut Timor

Nelayan Agar Waspada Gelombang di Selat Sumba Hingga 2,5 Meter
KOMPAS.com/ROSYID ASZHAR
Ilustrasi gelombang laut tinggi. 

 Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU------Potensi tinggi gelombang di selat Sumba, perairan selatan Sumba, Laut Sawu, Samudera Hindia selatan NTT dan laut Timor selatan NTT hari ini, Kamis (13/12/2018) mulai pukul 08.00 Wita sampai 20.00 Wita mencapai 2,5 meter.

Hal ini berdasarkan prakiraan pihak BMKG stasiun Meteorologi El-Tari Kupang yang dikirim melalui group WatsApp Info BMKG Sumba, Kamis (13/12/2018) pagi.

Sementara kondisi cuaca di sejumlah perairan itu semuanya berawan dan angin bertiup dari barat daya-ke barat laut. Sementara kecepatan angin di selat Sumba dan perairan selatan Sumba 6-20, Samudera hindia selatan NTT 10-20 knot, Laut Sawu kecapatan angin 2-20 knot, dan laut timor selatan NTT memiliki kecepatan angin 4-25 knot.

Hari ini Pengisian Awal Air di Bendungan Rotiklot-Belu

Sedangkan tinggi gelombang mencapai 2.0 meter diprediksi BMKG betpotensi terjadi di perairan selatan Kupang-Pulau Rote dengan kondisi cuaca berawan. Sementara angin bertiup dari arah barat daya-barat laut dengan kecepatan angin 2-25 knot.

Berdasarkan prakiraan Stasiun Meteorologi Waingapu yang juga dikirim melalui group watsApp info BMKG Sumba, tinggi gelombang itu menyebabkan potensi tinggi disebabkan karena kecepatan angin di perairan selatan Sumba mencapai 6-15 knot atau 12-30 Km/jam sehingga menyebabkan tinggi gelombang laut dapat mencapai 1.0 hingga lebih dari 3.0 meter.

 Begini Motivasi Wakip Bupati Sikka  kepada  Anak Smater

Pihak BMKG stasiun Meteorologi Umbu Mehang Kunda (UMK) Waingapu juga memberikan peringatan dini terhadap tinggi gelombang dan menghimbau kepada masyarakat nelayan agar waspada terhadap potensi tinggi gelombang mencapai 2,5 meter.

Sehingga kepada masyarakat nelayan dan pelaku kegiatan wisata bahari, harus memperhatikan tinggi gelombang laut mencapai 2,0 meter atau lebih. Selain itu, masyarakat juga agar selalu memperhatikan informasi peringatan dini cuaca ekstrim dari BMKG.(*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Ferry Ndoen
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved