Pendidikan

Goethe Institute Tawarkan Belajar Bahasa Jerman ke Smater Maumere

Direktur Goethe Intitute Wilayah Asia Tenggara, Australia dan Selandia Baru, Dr. Heinrich Blomeke,kerja sama Smater Maumere.

Goethe Institute Tawarkan Belajar Bahasa Jerman ke Smater Maumere
Eugienius Moa
SMAK Frater Maumere1 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Eginius Mo'a

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Direktur Goethe Intitute Wilayah Asia Tenggara, Australia dan Selandia Baru, Dr. Heinrich Blomeke, menawarkan kerja sama dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) Katolik Frateran Maumere (Smater) untuk belajar bahasa Jerman.

Kerja sama tersebut ditandai dengan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Sekolah Mitra Menuju Masa Depan (Pasch) oleh Kepala Smater, Frater M Polikarpus, BHK, di sekolah tersebut, Rabu (12/12/2018).

Setelah penandatanganan MoU dilanjutkan dengan penyerahan plakat oleh Atase Bidang Kebudayaan dan Pendidikan Kedubes Jerman, Jorge Klinen.

Gridmotor.ID, Satu Lagi Portal Otomotif dari Grid Network Kompas Gramedia Diluncurkan

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Sikka, Romanus Woga, Kepala Bagian Bahasa untuk Wilayah Asia Tenggara, Sonja Stoll, Koordinator Project Sekolah Pach, Ade Umar Said Schutz, Konsultan Ahli Bidang Pengajaran bahasa Jerman, Larissa Pangestian Harahap, utusan Kepala SMA di Sikka dan siswa Smater.

"Keuntungan bukan hanya kepada guru dan siswa. Kalau bahasa Jerman bagus bisa bekerja di perusahaan-perusahaan Jerman atau sektor pariwisata," ujar Blomeke.

Blomeke, mengatakan dipilihanya Smater menjadi sekolah Pasch karena pembelajaran bahasa Jerman berlaku di semua jurusan, yakni Bahasa, IPA dan IPS.

Begini Cara Perhitungan Menentukan CPNS Lulus SKB ! Simak Penjelasannya!

Dia menjanjikan akan mengadakan kursus bahasa Jerman untuk Smater. Blomeke yang baru pertama kali ke Maumere, mengaku bangga menyaksikan para siswa belajar bahasa Jerman di sekolah tersebut.

Menurut Blomeke, dirinya tidak keliru memilih Smater menjadi sekolah Pasch ke-29 di Indonesia, dan satu-satunya pilihan pada 2018 oleh Goethe Institute.

Blomeke berharap Smater menjadi contoh pembelajaran bahasa Jerman kepada sekolah di sekitarnya. Pelatihan kepada guru bahasa Jerman akan ditingkatkan.

Halaman
12
Penulis: Eugenius Moa
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved