Techno

Awas Beredar Aplikasi "Tuyul", Bikin Kuoto Cepat Habis dan Daya Baterai Boros

Aplikasi 'tuyul' ini dapat pengguna deteksi keberadaan malware dengan melihat penggunaan kuota internet serta daya baterai.

Awas Beredar Aplikasi
Androidpit
Ilustrasi - Awas Beredar Aplikasi "Tuyul", Bikin Kuoto Cepat Habis dan Daya Baterai Boros. 

Aplikasi 'tuyul' ini dapat pengguna deteksi keberadaan malware dengan melihat penggunaan kuota internet serta daya baterai.

POS-KUPANG.COM - Google kabarnya telah menghapus 22 aplikasi Android di Play Store yang diduga kena malware yang menyedot daya baterai dan kuota internet para penggunanya.

Hal ini diungkapkan oleh perusahaan anti-virus Sophos. Aplikasi-aplikasitersebut diam-diam menampilkan iklan yang berkamuflase sebagai sebuah interface aplikasi lain.

Tampilan aplikasi tersebut juga nggak terlihat, karena panjang dan lebar jendela yang cuma 0 piksel, yang membuatnya nggak tampak di layar ponsel.

Aplikasi "tuyul" ini bahkan bisa menempel di browser smartphone, misal lewat tab baru Google Chrome yang kemudian disisipkan iklan terselubung oleh malware.

Aplikasi Keren, Bisa Lacak Keberadaan Pasanganmu Saat Ini

Cara Hilangkan Status Mengetik di WhatsApp dan Bikin Stiker Sangat Keren Pakai Foto Kamu

Jika aplikasi tersebut dibuka, malware akan menampilkan iklan di tab tersebut lalu otomatis akan diklik oleh ponsel secara berulang, bahkan apabila browser nggak dibuka.

Menurut Sophos, iklan fiktif ini telah menjangkiti sekitar 2 juta perangkat Android dari pengguna yang telah mengunduh deretan aplikasi tersebut.

Untuk saat ini, pengguna dapat mendeteksi keberadaan malware dengan melihat penggunaan kuota internet serta daya baterai.

Jika kuota cepat habis walau enggak digunakan atau baterai yang borosnya enggak wajar, bisa jadi perangkat tersebut terserang malware.

Meski aplikasi-aplikasi Android tersebut sudah dihapus dari Play Store, pengguna yang sudah menginstal harus menguninstal sendiri secara manual.

Karena malware bisa saja masih berfungsi meski sudah dihapus dari toko aplikasi.

Berikut daftar 22 aplikasi yang terinfeksi malware yang baru saja dihapus Google dari Play Store:

Sparkle FlashLight
Snake Attack
Math Solver
ShapeSorter
Tak A Trip
Magnifeye
Join Up
Zombie Killer
Space Rocket
Neon Pong
Just Flashlight
Table Soccer
Cliff Diver
Box Stack
Jelly Slice
AK Blackjack
Color Tiles
Animal Match
Roulette Mania
HexaFall
HexaBlocks
PairZap

(*)

Editor: Bebet I Hidayat
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved