Opini Pos Kupang

Samsat Payment Online di NTT

Karena itu model pelayanan Samsat seperti apa yang bisa melayani warga secara cepat, tepat, akuntabel dan informatif sebagaimana amanat

Samsat Payment Online di NTT
POS KUPANG.COM/RICKO WAWO
Suasana Rakor Pembina Samsat NTT di Hotel Neo, Jalan Piet Tallo, Kota Kupang, Kamis (29/11/2018). 

Oleh Darius Beda Daton
Kepala Ombudsman RI Perwakilan NTT

POS-KUPANG.COM - Dua tahun terakhir ini, saya selalu diundang sebagai narasumber sekaligus peserta Rapat Koordinasi Pembina Samsat se-NTT. Hadir dalam rapat koordinasi tersebut, unsur kepolisian daerah dari satuan lalu Lintas Polda dan Polres se-NTT, UPTD Pengelola Keuangan dan Aset daerah (PPKAD) se-NTT, Jasa Raharja se-NTT, dan Dinas Pehubungan se-NTT.

Saya sungguh gembira turut diajak ikut berpartisipasi dalam forum seperti ini dan ikut memikirkan bagaimana caranya meningkatkan pendapatan daerah, apa saja kendala-kendala pencapaian target pendapatan dan strategi mencapai target yang telah dipatok Pemerintah Provinsi NTT.

Melalui forum ini, saya merasakan betapa berat beban yang harus dipikul aparatur kita yang ditugaskan untuk mencari dan meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pajak. Dari tangan-tangan merekalah, semua objek pajak ditagih untuk selanjutnya dihimpun sebagai pendapatan daerah guna membiayai pembangunan daerah.

Inilah yang Perlu Kamu Lakukan di Tahun 2019 Berdasarkan Zodiak. Taurus Wajib Minta Maaf

Drakor Clean With Passion For Now Rating Tertinggi di Episode 1, Malam ini Episode 2 Tayang

5 Fakta Mengejutkan Kecelakaan Mobil BTS Di Taiwan, Usai Konser Hingga Diduga Dilakukan Oleh Sasaeng

Karena itu model pelayanan Samsat seperti apa yang bisa melayani warga secara cepat, tepat, akuntabel dan informatif sebagaimana amanat Peraturan Presiden Nomor 5 tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Samsat perlu dipikirkan bersama.

Samsat corner, samsat drive thrue, samsat keliling, samsat link, samsat payment point dan samsat delivery order adalah model samsat yang bisa kita pilih sesuai kondisi dan kemampuan daerah kita.

Permasalahan Samsat

Sejak Januari-November tahun 2018, Kantor Ombudsman RI Perwakilan NTT telah menerima 251 laporan masyarakat (Prov/Kab/Kota). Dari jumlah 127 laporan yang memenuhi syarat sebagai laporan, 13 laporan masyarakat di antaranya terkait pelayanan Samsat. Meski jumlah laporan terkait pelayanan Samsat tergolong sedikit, tetapi substansi yang disampaikan beraneka rupa.

Berikut ini substansi keluhan masyarakat NTT terkait pelayanan Samsat. Pertama, waktu tunggu pelayanan belum diatur. Hampir semua keluhan yang disampaikan via sms/WA adalah terkait lamanya waktu tunggu dengan kisaran 1-2 jam. Para pengguna layanan Samsat merasa jenuh jika untuk membayar pajak kendaraan bermotor tahunan saja membutuhkan waktu selama itu.

Hal ini belum sejalan dengan Undang-Undang Nomor: 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang mewajibkan standar waktu pelayanan bagi seluruh penyelenggara pelayanan.

Halaman
123
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved