Berita Kabupaten TTU Terkini

Pemerintah TTU Launching Dua Aplikasi, Apa Saja?

Pemkab TTU telah me-lauching dua aplikasi berbasis IT untuk membantu penyelenggaraan pemerintah di daerah tersebut.

Pemerintah TTU Launching Dua Aplikasi, Apa Saja?
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Pencipta aplikasi ABIMAUS, Iren Abi saat memberikan penjelasan tentang aplikasi tersebut pada acara launching di Aula Kantor Bupati TTU, Kamis (6/12/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU - Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) telah me-lauching dua aplikasi berbasis IT untuk membantu penyelenggaraan pemerintah di daerah tersebut.

Dua aplikasi yang dilaunching di Aula Kantor Bupati TTU pada, Kamis (6/12/2018) itu yakni Aplikasi Analisis Pengembangan Kompetensi SDM Aparatur Berbasis IT (ABIMAUS) dan aplikasi Koknaba.

Hadir dalam kegiatan launching tersebut yakni Asisten Tata Praja Setda TTU Wlibrordus Apaut, Kepala Badan Bapegdiklat TTU Fransiskus Tilis, serta para pimpinan perangkat daerah yang mewakili lingkup pemda TTU.

Enam Hari Terapung di Laut, Riski Ingin Minum Darah Burung

Kegiatan launcing aplikasi ABIMAUS dan Koknaba tersebut dirangkaikan dengan kegiatan sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 50 Tahun 2018 dan Perbup Nomor 53 Tahun 2018.

Penemu Aplikasi ABIMAUS, Iren Abi mengatakan, latar belakang pembuatan aplikasi tersebut didasari atas kebutuhan manajemen data. Menurutnya, sampai dengan saat ini, belum data pemetaan kompetensi SDM aparatur.

Pembangunan Infrastruktur NTT 2019 Gunakan Pola Pendekatan Prioritas Kepulauan, Ini Tujuannya

"Karena belum ada data pemetaan-pemetaan Kompetensi SDM aparatur, yang berdampak pada merencakan pengembangan kompetensi," ungkap Iren kepada Pos Kupang, Jumat (7/12/2017) sore.

Iren mengatakan, pembuatan aplikasi tersebut telah sesuai amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang managemen Pegawai Negeri Sipil.

"Dalam pasal 23 ayat 3 menyatakan bahwa setiap PNS wajib mengikuti pengembangan kompetensi minimal 20 Jam/tahun," ungkapnya.

Iren mengatakan, tujuan dari aplikasi ABIMAUS adalah untuk meningkatkan kompetensi aparatur, tersedianya data base kepegawaian yang akurat, dan meningkatnya kualitas pelayanan publik.

Halaman
12
Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved