Berita Sayembara Novel

Wow ! Penulis NTT Sabet Juara Sanyembara Novel DKJ 2018

Felix K. Nesi, pegiat Komunitas Pustaka Jalanan Leko Kupang, yang mampu menyabet juara pada sanyembara Novel DKJ 2018.

Wow ! Penulis NTT Sabet Juara Sanyembara Novel DKJ 2018
IST
Sayembara Novel DKJ 2018 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Apolonia M Dhiu

POS-KUPANG.COM|KUPANG - "Orang-orang Oetimu" Berkisah tentang Suku Dawan di Nusa Tenggara Timur (NTT), naskah ini memiliki perbendaharaan kata yang kaya, diperkaya oleh khazanah bahasa Tetun, serta didasari dari penggalian khazanah tradisi Timor Leste dan cerita rakyat serta sejarah lokal.

"Orang-orang Oetimu" merupakan judul sebuah naskah karya Felix K. Nesi, pegiat Komunitas Pustaka Jalanan Leko Kupang, yang mampu menyabet juara satu pada ajang sanyembara Novel Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) 2018.

Penulis asal Nusa Tenggara Timur (NTT), mengisahkan kehidupan sosial masyarakat Timor Barat pasca jajak pendapat di Timor Timur, lewat karyanya yang diumumkan oleh dewan juri sebagai Juara Satu di Jakarta pada Selasa (4/12/218).

Gubernur Viktor Laiskodat Milih untuk Lindungi Komodo, Manusia Perusak TNK Biarkan Mati Saja

"Tentang permasalahan sosial dengan latar tahun 1998. Itu tentang kampung di Timor Barat yang terpengaruh oleh konstalasi Tim-Tim di akhir tahun 1990-an." jelas Felix K. Nesi, saat dihubungi Pos Kupang melalui telpon selulernya Rabu (5/12/2018).

Kehidupan sosial masyarakat Timor Barat saat itu, sangat terpengaruh oleh situasi politik yang terjadi di akhir tahun 1990-an. Dikatakannya, "Peran gereja, militer dan negara dalam kehidupan masyarakat timor barat saat itu sangat penting."

Cerita tentang NTT, katanya, sudah seharusnya diangkat ke permukaan. Selama ini para pembaca lebih banyak disodorkan cerita-cerita dari luar NTT. Hal ini yang menjadi salah satu pemacu semangat dalam mengikuti sanyembara novel DKJ 2018.

Dikatakannya, "Tidak ada mimpi mau jadi juara. Saya berpikir bahwa cerita dari NTT sudah harus disodorkan ke luar, daripada selama ini kita hanya baca orang luar, sekarang saatnya kita paksa mereka "diam" untuk dengar ceritanya orang NTT."

Buang Handuk Su

Sanyembara novel DKJ merupakan salah satu ajang bergengsi yang bertaraf nasional. Alasannya ajang yang bertaraf nasional itu diikuti oleh para penulis novel top yang sudah terkenbal di Jakarta.

"Ada mantan juara dan penulis2 novel yang sudah terkenal di Jakarta. Jadi waktu itu hanya iseng-iseng saja," tandasnya.

Juara ketiga: Mochamad Nasrullah, Judul naskah: “Balada Supri”, Juara kedua: Ahmad Mustafa, Judul naskah: “Anak Gembala yang Tertidur Panjang di Akhir Zaman”. Dan, Juara pertama: Felix K. Nesi, Judul naskah: “Orang-orang Oetimu”.

(*)

Penulis: Apolonia M Dhiu
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved