Berita NTT Terkini

Pemuda Katolik Siap Selenggarakan Kongres ke-17 di Kota Kupang

Organisasi Pemuda Katolik menyatakan siap melakukan Kongres Pemuda Katolik XVII di Kota Kupang pada tanggal 7-9 Desember 2018.

Pemuda Katolik Siap Selenggarakan Kongres ke-17 di Kota Kupang
POS-KUPANG.COM/Gecio Viana
Foto bersama usai konferensi pers dalam rangka penyelenggaraan Kongres ke-17 Pemuda Katolik di Swiss-Belinn hotel, Kota Kupang, Kamis (6/12/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Organisasi Pemuda Katolik menyatakan siap melakukan Kongres Pemuda Katolik XVII yang akan diselenggarakan di Kota Kupang pada tanggal 7-9 Desember 2018.

Hal itu disampaikan Ketua Komisariat Cabang (Komcab) Kota Kupang, Yuvensius Tukung dalam konferensi pers di Swiss Bellin Hotel, Kota Kupang, Kamis (6/12/2018) sore.

Hadir pula dalam konferensi pers tersebut Sekertaris Jendral (Sekjen) Pimpinan Pusat Pemuda Katolik, Cristopher Nugroho, Ketua Panitia Kongres Pemuda Katolik XVII, Theodora Ewalde, Ketua Steering Comite (Panitia Pengarah), Ardy Susanto, Sekertaris Steering Comite, Frederikus Lusti Tulis dan para anggota Pemuda Katolik lainnya.

Digugat soal Pencemaran Udara di Jakarta, Begini Tanggapan Anies Baswedan

Ketua Komisariat Cabang (Komcab) Kota Kupang, Yuvensius Tukung juga mengungkapkan, selaku tuan rumah pihaknya sangat bersyukur karena Kota Kupang dipercaya sebagai tempat penyelenggaraan kongres Pemuda Katolik ke-17

"Kami ingin menunjukkan kepada peserta kongres bahwa Kota Kupang merupakan kota yang nyaman bagi setiap orang yang akan datang," katanya.

Kapolres Belu Periksa Anggota yang Terlibat Selundup Mobil

Provinsi NTT, lanjut Yuvensius, sudah terkenal dengan daerah Nusa Terindah Toleransinya, karena itu pihaknya memastikan kepada para tamu yang akan datang bahwa mereka akan merasa nyaman.

"Kami memberikan dukungan yang sepenuhnya dan total serta kami mengharapkan hal ini menjadi momentum yang tepat untuk Kota Kupang lebih baik kedepannya sebagai tuan rumah," ucapnya.

Ketua Steering Comite (Panitia Pengarah), Ardy Susanto mengatakan, sebanyak 32 Komisariat Daerah (Komda) Pemuda Katolik dan lebih dari 200 Komcab Pemuda Katolik akan terus berdatangan saat esok hari, Jumat, (7/12/2018) hingga penyelenggaraan kongres.

Dia mengungkapkan, tema yang diangkat dalam kongres Pemuda Katolik ke-17 ialah mewujudkan peran dan kepemimpinan pemuda dalam memajukan kesejahteraan umum.

Dalam kongres tersebut, isu utama yang akan dibahas adalah bagaimana pembangunan desa dan kontribusi pemuda katolik untuk turut serta membangun desa. Dari pembahasan tersebut, diharapkan resolusi dan rekomendasi bagi Pemuda Katolik dan pemerintah untuk bersinergi membangun desa.

Sementara itu, Sekertaris Jendral (Sekjen) Pimpinan Pusat Pemuda Katolik, Cristopher Nugroho dalam kesempatan itu mengatakan, sebelum memulai kegiatan, pada tanggal 7 Desember 2018, akan dilakukan kunjungan kegiatan sosial di Susteran Alma di desa Baumata, Kabupaten Kupang

"Kami ingin berbagi kasih dan solidaritas dengan adik-adik yang berada di panti asuhan tersebut dan suster yang mengasuh mereka," paparnya.

Secara umum, kata Christopher, tema terkait kesejahteraan sosial menjadi tema umum yang kami angkat karena Pemuda Katolik melihat provinsi NTT masyarakatnya masih banyak dalam keadaan miskin dan terbelakang, secara khusus kehadiran Pemuda Katolik di NTT harus memberikan kontribusi yang nyata.

"Saat ini, sudah lebih dari setengah kabupaten di NTT yang terbentuk kepengurusannya dan harapannya kedepan dalam beberapa bulan kedepan kepengurusan organisasi Pemuda Katolik di kabupaten/kota di NTT dan seluruh komcab harus memiliki program-program aksi nyata untuk turut mendukung pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan umum," katanya. (*)

Penulis: Gecio Viana
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved