Berita Kabupaten Sumba Timur

Rumah Paulus dan Kabubu di Tanatuku- Sumba Timur Terbakar! Seluruh Barang Ludes

dua unit rumah miliknya yakni satu rumah besar berukuran 7x5 meter dengan atapnya dari seng, dindingnya dari bambu, dan lantainya tanah itu semua mat

Rumah Paulus dan Kabubu di Tanatuku- Sumba Timur Terbakar! Seluruh Barang Ludes
POS-KUPANG. COM/ROBERT ROPO
Paulus Pajaru Kamori (Kanan) dan Kabubu Panggora sedang berada di Kantor BPBD Sumba Timur. 

Laporan Reporter POS-KUPANG. COM, Robert Ropo

POS-KUPANG. COM | WAINGAPU---Rumah milik Paulus Pajuru Kamori dan rumah milik Kabubu Panggora di Desa Tanatuku, Kecamatan Ngaha Ori Angu, Kabupaten Sumba Timur, Propinsi NTT, Negara Indonesia, hangus dilahap api.

Kebakaran Rumah milik Paulus Pajaru Kamori dan Kabubu Panggora terjadi pada tanggal 1 Oktober 2018 pada pukul 12.00 Wita.

Paulus ketika ditemui POS-KUPANG. COM saat berada di Kantor BPBD Kabupaten Sumba Timur, Rabu (5/12/2018) mengaku dua unit rumah miliknya yakni satu rumah besar berukuran 7x5 meter dengan atapnya dari seng, dindingnya dari bambu, dan lantainya tanah itu semua material hangus terbakar beserta isi dalam rumah seperti lemari, tempat tidur, tikar, pakian, dan surat-surat berharga seperti ijazah sekolah anak-anaknya dan surat penting lainya ikut hangus terbakar.

Dibagi ke Pedagang Lewat Undi! 45 Stan Kuliner Kampung Ujung-Labuan Bajo

Begitu juga dengan satu unit rumah dapur berukuran 6x4 meter yang terbuat dari atap alang-alang dan dinding bambu itu juga ikut terbakar. Semua perabot dapur berupa baskom, tempat nasi, peralatan bakul yang diayam dari daun lontar untuk penyimpanan beras dan hasil jagung serta hasil pertanian lainya juga ikut hangus terbakar, tinggal sisa perabot dapur yang besi seperti periuk, kuali dan lain sebagainya.

Paulus mengisahkan bahwa saat kejadian kebakaran tersebut ia bersama anggota keluarganya sedang berada di luar jauh dari rumahnya. Saat itu ia sendiri sedang diundang untuk bekerja membangun tenda di rumah keluarga. Sehingga saat kejadian kebakaran tidak tertolong sama sekali satu barang pun, hanya menyisahkan pakian di badan untuk sepuluh anggota keluarga mereka penghuni rumah itu.

Paulus mengatakan, penyebab kebakaran untuk sementara diduga karena terbakarnya padang, sehingga api menjalar dan menyambar rumahnya dan ikut menghanguskan dua unit rumah miliknya itu.

"Kita tidak tahu tapi dugaan sementara kita karena terbakar api di padang sehingga api itu menjalar dan menyambar dengan rumah saya, apalagi kebakaran jam 12 siang saat itu panas terik dan angin bertiup kencang. Soal dugaan lain kita tidak tahu karena tidak tangkap tangan, api yang terbakar di padang itu juga kita tidak tahu apa prnyebabnya,"ungkap Paulus.

Paulus mrngaku, akibat kebakaran tersebut semua isi rumahnya ikut hangus terbakar yang tersisa hanya pakian di badan bagi sepuluh orang anggota keluarganya.

Kata Paulus, saat ini ia bersama anggota keluarganya menginap di rumah milik keluarga, sambil berharap agar bantuan dari Pemerintah maupun pihak lain agar bisa membantunya untuk membangun rumah lagi.

Halaman
12
Penulis: Robert Ropo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved