Berita School

Manfaatkan Teknologi Komputer, Ini Yang Dilakukan SMPK Citra Bangsa Kupang

Pelaksanaan PAS BK bertujuan agar siswa memanfaatkan teknologi komputer dalam pembelajaran maupun penilaian atau ujian.

Manfaatkan Teknologi Komputer, Ini Yang Dilakukan  SMPK Citra Bangsa Kupang
ist
SMPK Citra Bangsa 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Apolonia Matilde Dhiu

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kristen Citra Bangsa Kupang memanfaatkan teknologi komputer dengan menerapkan Penilaian Akhir Smester Berbasis Komputer (PAS BK).

Pelaksanaan PAS BK tersebut bertujuan agar siswa mampu memanfaatkan teknologi komputer dalam pembelajaran maupun penilaian atau ujian.

Kepala SMP Kristen Citra Bangsa Kupang, Ev. Jublina Ga, S.Th, Mpd.K, kepada Pos Kupang di sekolah tersebut, Selasa (4/12/2018), mengatakan, SMP Kristen Citra Bangsa Kupang telah mengadakan PAS BK, yakni Ujian Semester Berbasis Komputer sejak tanggal 26 November 2018 sampai dengan 1 Desember 2018.

Begini Kesaksian Pekerja Yang Selamat Dari Penembakan Sadis KKB Papua, Tangan Diikat Dan Ditembak

Jublina, mengatakan, dengan sistem tersebut, para siswa dapat mengikuti perkembangan teknologi pada zamannya.

"Sekalipun dalam kurikulum K13 tidak ada pmbelajaran TIK, tetapi karena tuntutan zaman, sekolah kami dalam program ekstrakurikuler (eskul) dan pmbelajaran Muatan Lokal (Mulok) mengharuskan siswa masuk laboratorium komputer," kata Jublina.

Menurut Jublina, untuk menjalankan program pembelajaran di sekolah berbasis komputer, dirinya mengharuskan guru TIK di sekolah tersebut, Mevi Amalo, S.Kom, untuk membuat aplikasi untuk setiap ujian.

Dikatakannya, SMP Kristen Citra Bangsa Kupang akan menggunakan e-Rapor. "Jika Tuhan berkenan, sekolah kami akan mempraktekkan e-Learning, e-Exam, dan e-Rapor. Namun, kami tetap mengutamakan pembelajaran yang berbasis karakter dan akhlak mulia," ujar Jublina.

Menurutnya, pada saat pelaksanaan PAS BK di sekolah, para siswa sangat gembira. Karena, selain memanfaatkan sarana komputer, para siswa dapat melihat langsung nilai atau hasil pekerjaan mereka.

Pengamat Poilitik Rocky Gerung Mengaku Terima Foto Hoaks Ratna Sarumpaet

Bagi Jublina, Ujian Berbasis Komputer bisa terlaksana, karena dukungan penuh dari Yayasan Citra Bina Insan Mandiri (CBIM), para orang tua siswa dan semua guru.

Dia menjelaskan, setelah ujian semester, semua siswa masuk dalam suka cita Pekan Kreasi Siswa. Dalam satu minggu ini, para siswa menampilkan semua hasil kreasi siswa, sesuai jumlah mata pelajaran yang ada di setiap stan.

"Mereka siap menjawab semua pertanyaan dari teman-teman mereka yang berkunjung di stan-stan. Pekan Kreasi Siswa dilaksanakan tanggal 3 Desember sampai dengan 7 Desember 2018. Ini merupakan ajang semua siswa menggali kreativitas mereka. Misalnya ada seni budaya, bahasa Indonesia, sains, PKN, dan lain sebagainya," papar Jublina.

Dikatakannya, SMP Kristen Citra Bangsa Kupang yang beralamat di Jalan Manafe Nomor 17, Kelurahan Kayu Putih, Kota Kupang adalah milik Ir. Abraham Paul Liyanto.

Pasutri Cobalah Bercinta Di Pagi Hari, 5 Manfaat Kesehatan Ini Akan Kalian Dapat

Menurut Jublina, sebagai Pembina Yayasan Citra Bina Insan Mandiri yang menaungi SMP Kristen Citra Bangsa Kupang, Ir. Abraham Paul Liyanto, sangat mendukung program pembelajaran dan perkembangan siswa melalui sarana yang mendukung.

"SMP Kristen Citra Bangsa Kupang adalah satu-satunya sekolah di NTT yang mengadakn PAS BK," katanya. (*)

Penulis: Apolonia M Dhiu
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved