Berita Kabupaten TTU Terkini

RSUD Kefamenanu akan Disurvei Oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit, Ini Tujuannya

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kefamenanu akan dilakukan survei oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit.

RSUD Kefamenanu akan Disurvei Oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit, Ini Tujuannya
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Kepala Dinas Kesehatan TTU dr. Zakarias Fernandes saat sedang memberikan sambutan pada acara survei akreditasi di Aula RSUD Kefamenanu, Selasa (4/12/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kefamenanu akan dilakukan survei oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit. Survei terhadap RSUD Kefamenanu dilakukan dalam rangka untuk melakukan kegiatan akreditasi dari rumah sakit tersebut.

Ada dua orang surveyor dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit yang akan melakukan survei akreditasi terhadap RSUD Kefamenanu. Dua orang tersebut diantaranya Oktava Dinaria Girsang, SKp, MKep selaku ketua tim survei dan dr. Dini Handayani, MARS.

Ketua Tim Survei, Oktava Dinaria Girsang, SKp, MKep mengatakan, pihaknya akan melakukan pemotretan terhadap seluruh keberadaan RSUD Kefamenanu dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Mateus Wuli dan Afriana Paijo Jadi Pelari Tercepat 10 K

Oktava mengatakan, untuk melakukan akreditasi terhadap rumah sakit, maka harus dapat memenuhi standar yang tekah ditentukan dengan jumlah standar sekitar 16 bab. Namun, pihaknya hanya melakukan survei akreditasi untuk program khusus saja.

Gubernur Laiskodat: Taman Nasional Selain Komodo Tetap Dikelola Pusat

"Dalam melakukan survei program khusus, ada empat bab, diantaranya ada hak pasien dan keluarga, pencegahan dan pengendalian inveksi, ada standar keselamatan pasien, dan kualifikasi dan kewenangan staf yang ada. Jadi ada empat itu yang dilihat," ungkapnya.

Oktava menjelaskan, pada tiga tahun berikutnya, tim survei dapat melakukan survei terhadap semua 16 standar yang ada. Hal itu dilakukan supaya pelayanan di RSUD Kefamenanu dapat lebih bermutu dari hari-kehari.

Sementara itu, Anggota Tim Surveyor dari Komisi Akreditasu Rumah Sakit, dr. Dini Handayani, MARS mengatakan, empat standar yang akan disurvei itu dilakukan selama tiga hari terhitung sejak tanggal 4 6 Desember 2018.

"Kalau ibu Oktava melakukan survei tentang standar keselamatan pasien dan pencegahan dan pengendalian inveksi, kalau dari saya akan survei mengenai hak pasien dan keluarga, sama kualifikasi dan kewenangan staf. Jadi empat itu yang akan kita lihat dilapangan selama tiga hari sampai dengan tanggal 6 Desember 2018 nanti," ungkapnya.

Oktava mengatakan, nanti setelah melakukan survei terhadap rumah sakit tersebut, pihaknya akan memberikan rekomendasi-rekomendasi untuk dapat dilengkapi oleh manajemen rumah sakit sehingga apabila ada tim surveyor yang dapat untuk melakukan survei lagi, maka semua rekomendasi tersebut telah dilengkapi.

"Jadi untuk membuktikan bahwa rumah sakit tidak langsung diam setelah dinyatakan lulus, nanti satu tahun kemudian ada surveyor yang dikirim ke tempat ini untuk melihat kembali apakah rekomendasi yang disampaikan oleh kami ditindaklanjuti tidak oleh rumah sakit," ungkapnya.

Oktava menjelaskan, pada tahun kedua, ada tim surveyor yang dikirim untuk melakukan verifikasi lagi terhadap semua rekomendasi yang disampaikan oleh tim surveyor sebelumnya, apakah telah ditindaklanjuti atau belum oleh pihak manajemen rumah sakit.

"Baru pada tahun ketiga rumah sakit akan disurvei seperti ini tapi mungkin 16 bak sekaligus. Jadi biasanya 16 bab tanggung. Jadi kalau itu lulus semua dapatnya bintang lima, jadi lulus paripurna," ungkapnya. (*)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved