Berita Kabupaten Ende

Patelki Ende Gelar Seminar tentang AIDS! Ini Rekomendasinya

tenaga ahli teknologi laboratorium medik dan bidan di Puskesmas serta saboratorium klinik dan swasta serta praktisi laboratorium dan dosen Institusi

Patelki Ende Gelar Seminar tentang AIDS! Ini Rekomendasinya
POS KUPANG/ROMUALDUS PIUS
PESERTA/Para peserta tentang HIV AIDS DI Aula Kantor Bupati Ende,Sabtu (1/12/2018). 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM,ENDE---Menyambut peringatan hari HIV/AIDS Sedunia pada tanggal 1 Desember 2018, Persatuan Ahli Teknologi Medik Indonesia (PATELKI) Cabang Ende, mengadakan seminar ilmiah dengan tema ’Peran Serta Tenaga Kesehatan Dalam Menurunkan Angka Penularan HIV/AIDS, Sabtu (1/12/2018) di Aula Lantai 2 Kantor Bupati Ende.

Hadir dalam seminar tersebut tenaga ahli teknologi laboratorium medik dan bidan di Puskesmas serta saboratorium klinik dan swasta serta praktisi laboratorium dan dosen Institusi bidang kesehatan.

Ketua DPC PATELKI Ende, Mercy Woda mengatakan tujuan pelaksanaan seminar tersebut selain dalam rangka memperingati hari HIV AIDS Sedunia juga mensosialisasikan bagaimana HIV/AIDS dan meningkatkan profesionalisme SDM guna mewujudkan pelayananan laboratorium kesehatan yang bermutu dalam pemeriksaan HIV AIDS.

Mercy mengatakan saat ini, cukup banyak penyakit-penyakit yang cukup meresahkan masyarakat, karena seringkali penyakit-penyakit tersebut dapat menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari, bahkan beberapa penyakit dapat menyebabkan kematian.

Gara-gara KENCING di Tempat Pemandian Air Panas Wakasek SMP Mengundurkan Diri

Ini Penyebab Valentino Rossi Harus Berpisah dengan Pelatih Pribadinya

Salah satu penyakit yang cukup meresahkan masyarakat bukan hanya bangsa ini tetapi juga seluruh dunia adalah HIV/AIDS, karena telah memakan banyak korban.
Kehidupan hedonisme yang mulai marak di masyarakat telah membantu penyebaran penyakit AIDS, dari sex bebas dan narkoba. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya pendidikan berupa penyuluhan pencegahan penyebaran HIV/AIDS.

Dikatakan PBB selaku organisasi yang mewadahi aspirasi masyarakat dunia melalui WHO telah berupaya memerangi penyebaran penyakit ini. Dan demi memberikan kesadaran tentang pentingnya mencegah HIV/AIDS, pada tanggal 1 Desember dijadikan sebagai hari anti HIV/AIDS sedunia.

Oleh karena itu dalam rangka memperingati hari AIDS se-dunia, Persatuan Ahli Teknologi Labatorium Medik (PATELKI) cabang Ende bekerja sama dengan Ikatan Bidan Indonesia dan KPA (Komisi Penanggulangan AIDS) mengadakan seminar sehari mengenai upaya dan langkah-langkah memerangi HIV/ AIDS serta perningkatan pelayanan mutu kesehatan.

Dikatakan ammanat UUD’45, setiap orang berhak memperoleh pelayanankesehatan, sehingga Negara berkewajiban menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan yang aman, bermutudan terjangkau yang pada gilirannya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, dimana perubahan dan perkembangan serta kemajuan bangsa adalah sangat tergantung pada kemauan dan kemampuan bangsa tersebut dalam menumbuhkan kepedulian akan pentingnya kesehatan.

Bagaimanapun kesehatan memegang peranan penting dalam berbagai bidang. Sebagaimana teknologi yang apabila dikembangkan tanpa memperhatikan sisi kesehatan, justru akan dapat memberi masalah baru dalam kehidupan sehari-hari, dan bukannya menjadi solusi dalam penyelesaian permasalahan.

Seseorang tidak akan dapat beraktivitas dengan maksimal apabila tidak memiliki kondisi kesehatan yang baik. Oleh karena itu, hendaknya suatu bangsa memperhatikan kesehatan masyarakatnya, salah satu caranya adalah dengan memberikan pendidikan berupa penyuluhan tentang pentingnya menjaga kesehatan dan juga langkah-langkah pencegahan terhadap penyakit-penyakit yang ada. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved