Berita Nasional Terkini

Pemerintah Bawa Pulang TKI Shinta Danuar yang Dirawat 4 Tahun di Taiwan

Pemerintah melalui BNP2TKI membawa pulang tenaga kerja Indonesia, Shinta Danuar dari Taiwan ke Indonesia.

Pemerintah Bawa Pulang TKI Shinta Danuar yang Dirawat 4 Tahun di Taiwan
KOMPAS.com/Reza Jurnaliston
Ketua Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia, Nusron Wahid, dan Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita, saat konferensi pers di Aula Boediharto Gedung Utama RS Polri, Kramat Jati-Jakarta Timur, Kamis (29/11/2018). 

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Pemerintah melalui Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) membawa pulang tenaga kerja Indonesia, Shinta Danuar dari Taiwan ke Indonesia.

Ketua BNP2TKI, Nusron Wahid mengatakan, BNP2TKI menyerahkan wewenang dan tugas dari perawatan Shinta Danuar yang bekerja di Taiwan kepada Kementerian Sosial.

"Secara resmi Ibu Shinta Danuar kami serah terimakan kepada Bapak Menteri Sosial RI bapak Agus Gumiwang Kartasasmita mohon diterima dengan baik," kata Nusron saat konferensi pers di Aula Boediharto Gedung Utama RS Polri, Kramat Jati-Jakarta Timur, Kamis (29/11/2018).

ICMI Akan Deklarasi Ikatan Cendikiawan Muslim se-Asia Tenggara, Jokowi Diminta Hadir

Nusron mengatakan, pemulangan Shinta Danuar ke Indonesia atas dasar permintaan keluarga. Selanjutnya, kata Nusron, Tim Kamar Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei memfasilitasi khusus Emergency Medical Services (EMS).

Nusron mengatakan, KDEI Taipei, Kemnaker, Kemlu, dan BNP2TKI bersama-sama mempersiapkan kepulangan Shinta Danuar dari Taiwan ke Tanah Air.

Mengisi LHKPN, Menristek Dikti Minta Arahan KPK

Persiapan itu di antaranya ambulans di bandara kedatangan, rumah sakit rujukan, pemulangan ke daerah asal di Banyumas, serta perlengkapan lainnya.

"Kami ucapkan terima kasih sebesarnya kepada semua pihak yang telah membantu proses pemulangan mbak Shinta Daniar," kata Nusron.

Sementara itu, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita bersyukur PMI Shinta Danuar bisa dibawa pulang ke Indonesia.

"Kami prihatin terhadap kondisi kesehatan yang dialami Saudara kita Ibu Shinta Danuar. Tapi perasaan kedua kami semua di ruangan ini bisa berbahagia Ibu Shinta bisa pulang ke Tanah Air bisa berkumpul denga keluarga kembali," ujar Agus.

Kemensos sebagai perwakilan Pemerintah akan memberikan bantuan seoptimal mungkin dalam memfasilitasi perawatan Shinta Danuar.

"Kemensos mewakili negara akan memberikan support bantuan terhadap biaya transportasi dan biaya hidup bagi orang tua Shinta yang jauh datang dari Banyumas mendampingi perawatan Shinta di Rumah Sakit," kata Agus.

Agus mengatakan, Kemensos memiliki kewajiban untuk memberikan bantuan sosial atau jaminan hidup untuk para pekerja migran Indonesia.

Shinta Danuar dirawat di Unir Perawatan Intensif Rumah Sakit Pinghe Hsincu, Taipei, sejak 31 Desember 2014, atau hanya 9 bulan sejak mulai bekerja.

Shinta dirawat karena didiagnosa terserang virus di tulang belakang yang menyebabkan kelumpuhan dan infeksi. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved