Berita Kota Kupang Terkini

Kasus Korupsi Walikota Cup, Polisi Lakukan Pemeriksaan Silang ke Kemenpora

Kasus dugaan korupsi Walikota Cup tahun 2017, pihak Unit Tipidkor Satreskrim Polres Kupang Kota melakukan pemeriksaan silang ke Kemenpora

Kasus Korupsi Walikota Cup, Polisi Lakukan Pemeriksaan Silang ke Kemenpora
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Kasat Reskrim Polres Kupang Kota Iptu Bobby Jacob Mooy Nafi 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Untuk merampungkan proses penyidikan terhadap kasus dugaan korupsi Walikota Cup tahun 2017, pihak Unit Tipidkor Satreskrim Polres Kupang Kota melakukan pemeriksaan silang terkait beberapa nomenklatur kegiatan yang dilakukan Panitia Pelaksana di Jakarta.

Pemeriksaan silang ini dilakukan oleh tim Unit Tipidkor Satreskrim Polres Kupang Kota dibawah pimpinan Kanit Tipidter Ipda Enos Bulu Bili sejak Senin (26/11/2018).

Kasat Reskrim Polres Kupang Kota, Iptu Bobby Jacob Mooy Nafi kepada POS-KUPANG.COM pada Rabu (28/11/2018) sore, menjelaskan bahwa tim dari Unit Tipidkor Satreskrim Polres Kupang Kota telah melakukan pemeriksaan silang ke Kantor Kemenpora RI dan beberapa tempat yang menjadi lokasi pembelian perlengkapan yang digunakan untuk kepentingan Walikota Cup.

Amrin Sebut Pengendara Kendaraan di Lembata Makin Sadar

"Empat anggota telah berangkat ke Jakarta untuk melakukan pemeriksaan terkait perjalan dinas yang dipakai dari nomenklatur tersebut saat konsultasi ke Kemenpora. Selain itu juga dilakukan pemeriksaan pihak yang menjual pakaian. Kita periksa apakah sesuai dengan laporan mereka terkait tempat, harga dan kualitas pakaian di tempat mereka beli, kualitasnya apakah sesuai atau tidak dengan kontraknya," terangnya.

18 Kontainer Semen Bosowa di Maumere Habis Sekejap

Bobby menjelaskan pemeriksaan ini dilakukan untuk melengkapi data yang akan dikirim ke auditor yang telah melaksanakan audit terkait kerugian yang ditimbulkan dari seluruh kegiatan.

"Ya, di Jakarta juga diperiksa supaya menjadi tambahan data untuk dikirim ke auditor. Ini dilakukan untuk mendapat bahan lengkap agar dikroscek benar tidak total uang yang dipakai itu sesuai yang dilaporkan mereka," ujarnya.

Mantan Kasat Reskrim Polres Sikka ini berharap agar seluruh proses penyidikan segera rampung agar bisa dilanjutkan ke tahap selanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, pihak Tipidkor Satreskrim Polres Kupang Kota juga telah memanggil dan memeriksa Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Kupang, Samuel Langga.

Samuel diperiksa atas keterlibatannya dalam pelaksanaan Walikota Cup 2017 dalam kepanitiaan sebagai sekretaris panitia serta dalam jabatan struktural sebagai sekretaris Dispora Kota Kupang.

Dalam pendalaman kasus dugaan korupsi ini, lanjut Boby, pihaknya telah memeriksa lebih dari 20 orang saksi dari kepanitiaan dan dinas termasuk Sekretaris Dispora Kota Kupang, Samuel Langga.

Penyelenggaraan Walikota Cup 2017 dengan anggaran sebesar Rp 750 juta terindikasi sebagai penyimpangan karena tidak sesuai nomenklatur. Dalam nomenklatur kegiatan, Walikota Cup 2017 dilaksanakan untuk funbike, namun dalam realisasinya dilaksanakan sekaligus dengan kegiatan futsal.

Pihak Polres Kupang Kota akan segera melakukan gelar perkara terkait kasua korupsi Walikota Cup pada tahun 2017 lalu. Gelar perkara ini dilakukan untuk segera menetapkan nama nama tersangka yang terlibat dalam kejahatan yang menguras uang negara ini. (*)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved