Berita Ekonomi Bisnis

Bandara Ruteng akan Diperluas Pemkab Manggarai Siap Dana Bebaskan Lahan

Pemkab Manggarai akan siapkan dana untuk pembebasan lahan jika Bandara Frans Sales Lega Ruteng diperluas

Bandara Ruteng akan Diperluas Pemkab Manggarai Siap Dana Bebaskan Lahan
POS-KUPANG.COM/Aris Ninu
Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, S.H, M.H memantau pelaksanaan testing CPNS di lokasi ujian di Kantor BKPP Manggarai, Minggu (4/11/2018) siang. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG.COM |RUTENG-Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus telah menerbitkan surat kepada Menteri Perhubungan RI terkait pengembangan Bandara Frans Sales Lega Ruteng.

Demikian diungkapkan Kadis Perhubungan Manggarai, Martinus Apri Laturake di Ruteng, Kamis (22/11/2018).

Ia mengatakan, dalam surat tersebut sudah ditegaskan kalau pemerintah dan masyarakat sangat merindukan bandara perpanjangan runway Surat tersebut, kata Martinus, sudah dibawa Tim Konsultan Kementerian Perhubungan RI yang melakukan kajian pengembangan bandara.

Ia mengatakan, Pemkab Manggarai mendukung dan setuju ada pengembangan namun harus ada kepastian dari Kementerian Perhubungan RI mengenai pengembangan.

Baca: Temuan BIN, 41 Masjid Lingkungan Pemerintah Terpapar Radikalisme, Ini Langkah Polri

Baca: Tes SKB CPNS 2018 Diperkirakan 4 Desember 2018, Berikut Kisi-kisi Soal SKB Menurut Bocoran BKN

"Kalau sudah ada kepastian, pemerintah daerah pasti melakukan pembebasan lahan agar ada pengembangan. Kalau pembebasan pasti pemerintah siapkan dana," katanya.

Martinus mengatakan, sampai sekarang hanya pesawat ATR yang bisa mendarat di bandara tersebut. Jika sudah ada perluasan sekitar 300 meter ke arah barat dapat dipastikan pesawat berukuran besar bisa mendarat.

Ia menjelaskan, lahan yang mau dibebaskan ada 300 meter. Rencananya 150 meter untuk run way dan sisanya untuk kawasan di sekitar run way.

"Runway bandara sekarang panjangnya 1.200 meter. Jika ditambah 150 meter saja bisa didarati pesawat besar seperti Nam Air,"ujarnya. (*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Hermina Pello
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved