Pemuda Katolik Cabang Kupang Bina 117 Anggota Baru

Selain pengurus, turut hadir dalam acara pembukaan, Pastor Moderator, Rm. Maxi Un Bria, dewan pembina dan para senior.

Pemuda Katolik Cabang Kupang Bina 117 Anggota Baru
FOTO PEMUDA KATOLIK
Para pengurus, pembina, senior dan moderator yang hadir dalam acara pembukaan Mapenta Pemuda Katolik Cabang Kupang. 

POS-KUPANG, KUPANG - - Pemuda Katolik Komisariat Cabang Kupang menerima 117 anggota baru dalam Masa Penerimaan Anggota (Mapenta) di Gedung Pramuka. Kegiatan Mapenta dengan tema Penataan Lapisan Kader Sebagai Garam dan Terang Dunia, berlangsung, Jumat-Minggu (23-25/11/2018).

Selain pengurus, turut hadir dalam acara pembukaan, Pastor Moderator, Rm. Maxi Un Bria, dewan pembina dan para senior.

Ketua panitia pelaksana Mapenta, Elvianus Go dalam laporannya menjelaskan bahwa 117 peserta baru berstatus mahasiswa maupun pemuda yang sudah menyelesaikan studi.

Adapun dasar dari kegiatan ini adalah amanah konstitusi organisasi dan program kerja kepengurusan periode 2017-2020 dengan tujuan sebagai ruang konsolidasi, menumbuh kembangkan oraganisasi baik secara internal maupun secara eksternal.

Baca: Mau Tahu Kebaikan Pasanganmu Berdasarkan Zodiak, Kamu Pasti Terenyuh dan kelepk-Kelepek

Baca: Ancam Warga dengan Senjata Api, Residivis Ditembak Polisi

Baca: Daebak! Tiket Film BTS Burn The Stage: The Movie Terjual 1,4 Juta, Kalahkan Rekor Film One Direction

Selain itu, kegiatan ini adalah bagian dari mempersiapkan generasi muda gereja dan bangsa.

Pastor Moderator, Rm Maxi Un Bria dalam kotbahnya yang diiambil dari Injil Lukas 19; 45-48 menyampaikan bahwa Pemuda Katolik adalah organisasi besar dan ini adalah momentum istimewa yang dilakukan hari ini.

"Namun yang utama bagi kita adalah bagaimana merawat dan memelihara eksistensi organisasi besar ini. Saya sangat bangga karena saat masih muda saya pernah ikut berproses dalam kegiatan seperti di Pemuda Katolik. Saat saya masih di pendidikan seminari kami dibentuk untuk menjadi militan dan tidak mengeluh dalam menjalani hidup tetapi selalu siap dalam mengemban tugas apa saja yang diberikan," jelas Rm Maxi.

Menurutnya, dalam proses seperti ini penting bagi kita semua untuk menjunjung semua proses dan saling menghargai satu sama lain.

"Memang terasa pahit tetapi dibalik itu semua pasti ada hikmahnya atau sesuatu yang baik bagi kita yang mengikutinya. Dan, inti dari sabda Allah yang kita dengar menegaskan bahwa hal yang paling penting adalah investasi sumber daya manusia dan iman," ujarnya.
Ketua Pemuda Katolik Kota Kupang, Yuven Tukung dalam acara pembukaan menyampaikan bahwa Mapenta adalah perwujudan komitmen bahwa Pemuda Katolik terus ikut membangun gereja dan membangun bangsa melalui penataan kader kepemimpinan.

"Ini menjadi bagian dari sejarah penting dalam pembangunan Pemuda Katolik Komisariat Cabang Kupang. Kita diminta untuk terlibat aktif dalam pembangunan yang sedang berjalan. Untuk itu kita harus mampu menujukkan eksistensi kita sebagai kaum muda yang adalah salah satu komponen penting gereja dan bangsa. Tentu kita memiliki rasa tanggung jawab tentang apa yang telah dilakukan oleh para pendahulu yaitu salah satu pahlawan nasional Bapak I. J. Kasimo dan Bapak Frans Seda dengan cara terus belajar," kata Yuven Tukung.

Wewakili Senior, Nikolaus Se menyampaikan apresiasi kepada pengurus Komcab Kota Kupang yang telah berusaha menjaga kesinambungan eksistensi organisasi ini melalui kegiatan pembinaan dan kaderisasi.

Menurutdia, harus ada keseriusan dan kemauan kuat untuk terlibat dalam proses. Dari proses ini diharapkan menghasilkan kader yang berintegritas.

Kegiatan Mapenta dibuka oleh Dewan Pembina Marsel Tupen Masan. Dalam sambutannya, dia meminta Pemuda Katolik menjaga nilai-nilai perjuangan dan karakter kader yang memiliki kapasitas yang mumpuni (memiliki gagasan visioner) untuk disumbangkan terhadap kemajuan bangsa dan daerah ini. (alf)

Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved