Berita Manggarai Timur

Lurah Rana Loba Temukan Banyak Warga Pendatang Belum Ber-KTP

Padahal, warga tersebut sudah menetap di Rana Loba, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur (Matim) sudah enam bulan hingga satu tahun lamanya.

Lurah Rana Loba Temukan Banyak Warga Pendatang Belum Ber-KTP
istimewa
LURAH-Lurah Rana Loba, Haji Ali 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG-COM-BORONG-Lurah Rana Loba, Haji Ali menemukan banyak warga pendatang yang membuka usaha di kelurahannya belum memilikki KTP.

 Padahal, warga tersebut sudah menetap di Rana Loba, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur (Matim) sudah enam bulan hingga satu tahun lamanya.

Baca: Hasil Tes Kejiwaan Sudah Ada Tapi Masih Rahasia

Atas temuan itu, Lurah Rana Loba berencana melakukan  rasia KTP bagi warganya bersama Sat Pol PP, Polsek Borong dan Koramil Borong.

 Lurah Rana Loba, Haji Ali kepada POS-KUPANG.COM di Borong, Selasa (20/11/2018) siang mengatakan, warga yang belum memiliki KTP tersebut setiap tahun selalu datang ke kantor kelurahan membuat surat keterangan domisili.

 “Saya sudah sampaikan agar mengurus KTP Matim. Pasalnya, warga tersebut sudah menetap enam bulan harus memilikki KTP Matim dan mengurus administrasi pindah penduduk. Saya akan berkoordinasi dengan Dispenduk Matim soal aturan sehingga perlu ada rasia sehingga warga bisa membuat KTP,” kata Haji Ali.

 Ia mengatakan, warga yang datang dan tinggal di Rana Loba seharusnya melapor kepada Ketua RT agar didata. Jika hanya datang untuk usaha harusnya KTP diberikan kepada ketua RT.

 “Kalau mau menetap harus urus pindah penduduk. Jangan mau usaha baru urus KTP,” ujar Haji Ali.

 Ia menegaskan, warga harusnya sadar mengurus administrasi kependudukan sehingga terdata secara baik di tingkat RT dan kelurahan.

 “Ada beberapa warga yang mau urus surat keterangan saya tidak layani. Masa sudah tinggal enam bulan tidak urus KTP. Saya bukannya tolak tapi ini ketentuan kalau sudah menetap harus urus KTP sehingga jelas data kependudukkannya,” papar Haji Ali. (*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved