Berita Kabupaten Ende

Kedua Kalinya Kejari Ende Kalah Praperadilan! Ini Kasusnya

kekalahan Kejaksaan Negeri Ende untuk kedua kalinya ini menunjukan betapa sangat dipaksakan penyidikan dan penanganan kasus atas nama Yohanes Osmini

Kedua Kalinya Kejari Ende Kalah Praperadilan! Ini Kasusnya
pos kupang.com, romualdus pius
Pengacara Ignasius A Fasi SH 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS KUPANG.COM,ENDE---Untuk kedua kalinya Kejaksaan Negeri Ende kalah praperadilan kasus PNPM Kota Baru melawan pemohon, Yohanes Osmini.
Pengecara pemohon, Ignasius A. Fasi, SH, dalam keterangan persnya kepada Pos Kupang, Minggu (18/11/2018) mengatakan bahwa pada, Kamis, 15 November 2018,

Sidang Pembacaan Putusan Perkara Praperadilan Nomor: 5/Pid.Pra/2018/PN.End antara Pemohon Yohanes Osmini SH, SH melawan termohon Kepala Kejaksaan Negeri Ende.

Baca: Bupati Kamelus Sudah Siapkan SK Pemberhentian 12 ASN. Ini Penyebabnya !

Sidang dipimpin oleh Hakim tunggal Afhan R. Alboneh, SH dengan dibantu Panitera Pengganti Paulus Bire Kire, SH.

Dari Pemohon di hadiri oleh Kuasa Hukumnya Ignasius A. Fasi, SH sedangkan dari Termohon dihadiri Oleh Jaksa Okky Prasetyo, SH.

Putusan Praperadilan tersebut menyatakan menolak seluruh Eksepsi dari termohon, dan mengabulkan permohonan dari pemohon yakni menyatakan bahwa tindakan penyitaan uang sebesar Rp.20.000.000.- yang dilakukan oleh Termohon (Kejaksaan Negeri Ende) adalah tidak sah secara hukum.

Serta memerintahkan agar termohon mengembalikan uang sitaan sebesar Rp.20.000.000.- tersebut kepada dari mana barang tersebut disita untuk dikembalikan ke Kas SPKP (Simpan Pinjam Kelompok Perempuan) PNPM Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Ende.

Ignasius mengatakan bahwa sebelumnya, pada tanggal 30 Agustus 2018 lalu, untuk kasus yang sama Kejaksaan Negeri Ende juga mengalami Kekalahan dalam perkara Praperadilan Nomor: 4/Pid.Pra/2018/PN.End. Sidang Putusan Praperadilan Nomor: 4/Pid.Pra/2018/PN.End tersebut dipimpin oleh Hakim Tunggal Y. Yudha Himawan, SH. Permohonan Praperadilan tersebut sama dengan pemohon Yohanes Osmini, SH melawan Kepala Kejaksaan Negeri Ende.

Ignasius mengatakan praperadilan yang diajukan terkait tuduhan dugaan Tindak Pidana Korupsi Penyalahgunaan Dana PNPM Mandiri Pedesaan Kecamatan Kotabaru pada Simpan Pinjam Kelompok Perempuan.

Pokok Keberatan dari pemohon adalah penyitaan yang dilakukan tidak sah dan tidak sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Halaman
12
Penulis: Romualdus Pius
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved