Begini Kondisi Balai Latihan Kerja di NTT. Ada yang Mirip Rumah Hantu

BLK milik pemerintah ada tujuh. Tersebar di Kota Kupang, Sumba Timur, Sumba Barat Daya, Ende, Flores Timur, Alor

Begini Kondisi Balai Latihan Kerja di NTT. Ada yang Mirip Rumah Hantu
POS KUPANG/ROBERTUS ROPO
Kantor BLK di Sumba Timur yang tak berfungsi 

POS-KUPANG.COM, KUPANG -Balai Latihan Kerja (BLK) milik pemerintah kabupaten/kota tidak memadai. Sementara BLK milik Perusahaan Jasa Tenaga Kerja (PJTKI) di NTT hanya dua.

Padahal, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT mensyaratkan calon tenaga kerja mengikuti pelatihan sehingga berkompeten, sebagaimana spirit kebijakan moratorium TKI.

BLK milik pemerintah ada tujuh. Tersebar di Kota Kupang, Sumba Timur, Sumba Barat Daya, Ende, Flores Timur, Alor dan Kabupaten Manggarai.

Kepala Unit Pelatihan Kerja/Balai Latihan Kerja (PTK/BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTT, Benediktus Gaya mengatakan, BLK yang aktif adalah BLK Kupang, Sumba Timur dan Ende.

Namun, kondisi berbeda ditemui di sejumlah daerah. Di Sumba Timur, BLK sangat memrihatinkan. Bangunan permanen yang terletak di Kelurahan Prailiu, Kecamatan Kambera itu tidak berfungsi sehingga berubah menjadi rumah hantu.

Baca: Ramalan Zodiak Hari Ini, Sabtu 17 November 2018, Scorpio Jangan Jadi Mangsa Idealisme

Baca: Jadi Drama Korea Pertama yang Tayang di Youtube, Ini 4 Fakta Drakor Top Management

Baca: Diduga Ejek Holocaust & Bom Atom Jepang, BTS Dikecam Netizen. Simak Penjelasan Big Hit Entertainment

Dinding tembok dipenuhi coretan. Lantai semen berdebu tebal, di sana sini berserakan sampah. Atap dari seng sudah karat dan berlubang. Jendela dan pintu dari kaca sudah pecah. Bagian pintu yang berlubang ditambal dengan seng bekas. Plafon dari tripleks sudah jebol, banyak terdapat sarang laba-laba.

Di salah satu ruangan terdapat kursi sofa dan meja yang sudah rusak. Pada ruangan lain, tersimpan sejumlah lemari berisi buku-buku. Pintu lemari sudah rusak sehingga buku-buku berserakan.

Kondisi bangunan yang tak terawat tidak berbeda jauh dengan halamannya, dipenuhi rumput. Papan nama sudah miring, nyaris tumbang. Tulisan Balai Latihan Kerja sudah pudar.

Kepala Dinas Penanaman Modal, Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Manggarai, Isfridus Buntanus mengharapkan, dengan adanya moratorium TKI, maka pemerintah membenahi BLK.

Ia mengatakan, sudah ada BLK di Manggarai, dibangun di Dalo, Kecamantan Ruteng. Selama ini menjadi tempat pendidikan dan pelatihan calon tenaga kerja di bidang otomotif dan mebel.

Halaman
1234
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved