Berita Kabupaten TTS

Warga Oof-Kabupaten TTS Senang dapat Pelatihan Mitigasi dan Bantuan Fiber Air secara Gratis

Masyarakat Desa Oof mengaku, senang karena mendapat pengetahuan tentang pengolahan air hujan menjadi air langsung konsumsi dan juga mendapatkan bantua

Warga Oof-Kabupaten TTS Senang dapat Pelatihan Mitigasi dan Bantuan Fiber Air secara Gratis
istimewa
peralatan mitigasi sudah terpasang di salah satu rumah ‎warga Desa Oof. 

Laporan Reporter Pos-kupang.com, Dion Kota

POSKUPANG.COM, SOE – Pelatihan Mitigasi struktural partisipatif yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNBP) bersama Badan Penanggulan Bencana Daerah ( BPBD) tingkat Propinsi NTT dan Kabupaten TTS di Desa Oof, Kecamatan Kuatnana yang diselenggarakan selama tiga hari ditutup, Jumat ( 16/11/2018) sore.

Masyarakat Desa Oof mengaku, senang karena mendapat pengetahuan tentang pengolahan air hujan menjadi air langsung konsumsi dan juga mendapatkan bantuan 16 fiber penampungan air bersih.

Baca: Lelaki Ini Kuras Dana Rp 253 Juta dari Pelamar CPNS!  Ditangkap di Rumah Istrinya

Danial Konkase, Warga Dusun C mengatakan, dirinya baru mengetahui ternyata air hujan bisa diproses menjadi air langsung konsumsi yang baik untuk kesehatan dan juga bisa menyuburkan tanaman. Dirinya merasa terbantu, karena pasca pelatihan, dirinya mendapat bantuan berupa peralatan mitigasi berupa pipa paralon dan figer penampungan air.

" Pelatihan menarik karena ini hal yang baru buat kami. Apa lagi, kami juga dapat bantuan peralatan mitigasi sehingga bisa kami terapkan di rumah. Nantinya, ada petugas dari BPBD Kabupaten TTS yang turun ke rumah untuk pasang peralatan mitigasi ini sehingga saat musim hujan sudah kami manfaatkan," ungkap Danial.

Kornelis Faot, warga dusun C lainnya, merasa sangat terbantu dengan peralatan mitigasi bantuan dari BNPB. Pasalnya, bantuan tersebut menjadi salah satu solusi mengatasi masalah kesulitan air yang sering dialaminya.

" Senang sekali pak, karena selain dapat informasi baru, kami juga dapat bantuan fiber air. Selama ini karena tidak ada tempat penampungan air yang besar, air hujan tidak kami tampung untuk dimanfaatkan lagi. Sekarang, dengan bantuan peralatan mitigasi dari BNPB air hujan sudah bisa kami manfaatkan untuk konsumsi langsung," ujarnya.

Kades o'of, Nikolaus Bety mengucapkan terima kasih kepada BNPB dan BPBD yang telah mempercayakan desa Oof sebagai pelaksana kegiatan mitigasi. Dirinya berjanji, akan memanfaatkan ilmu mitigasi dan bantuan peralatan untuk mengolah air hujan agar bisa langsung dikonsumsi.

" Bantuan mitigasi sudah langsung kita bagikan kepada para peserta pelatihan. Beberapa warga sudah langsung pasang peralatan mitigasinya, sedangkan beberapa belum. Saya pastikan semua bantuan akan dimanfaatkan dengan baik sehingga air hujan bisa digunakan untuk konsumsi masyarakat, " pungkasnya.

Diberitakan pos kupang sebelumnya, Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNBP) bersama Badan Penanggulan Bencana Daerah ( BPBD) tingkat Propinsi NTT dan Kabupaten TTS menggelar pelatihan mitigasi struktural partisipatif kepada warga Desa Oof, Kecamatan Kuatnana, Rabu ( 14/11/2018) di kantor Desa Oof.

Pelatihan ini dimaksudkan untuk melatih warga Desa Oof untuk mengelolah air hujan menjadi air yang bisa langsung dikonsumsi. Hal ini dilakukan untuk menekan dampak pengaruh kekeringan yang menjadi bencana tahun untuk Kabupaten TTS.‎ (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved