Berita Manggarai

Kabupaten Manggarai Dukung Moratorium TKI Pemda NTT! Ini Alasannya

dengan adaya moratorium maka pemerintah akan membenahi BLK yang ada di Manggarai guna terus menyiapkan tenaga kerja yang terampil dan siap bekerja.

Kabupaten Manggarai Dukung Moratorium TKI Pemda NTT! Ini Alasannya
POS-KUPANG.COM/ARIS NINU
Kadis Penanaman Modal, Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja, Kabupaten Manggarai, Isfridus Buntanus.

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG-COM-RUTENG—Pemkab Manggarai melalui Dinas Penanaman Modal, Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Manggarai mendukung sikap tegas Pemprov NTT dalam rangka moratorium TKI.

 Bagi Pemkab Manggarai pengiiriman TKI selalu menyusahkan banyak pihak lantaran para pencari kerja berangkat tidak melalui jalur resmi.

Baca: Dinas Tenaga Kerja  Sikka Siagakan Satgas di  Pelabuhan dan  Bandara! Ini Tujuannya

Baca: Hujan Sekitar Satu Jam!, Sampah Pasar Tumpah ke Jalan

 Selain itu, dengan adaya moratorium maka pemerintah akan membenahi BLK yang ada di Manggarai guna terus menyiapkan tenaga kerja yang terampil dan siap bekerja.

 Apalagi di Manggara sudah ada BLK yang dibangun di Dalo, Kecamantan Ruteng, Kabupaten Manggarai. Yang mana selama ini sudah menjadi tempat pendidikan dan pelatihan calon tenaga kerja di bidang otomotif dan meubeler.

 Demikian penegasan Kadis Penanaman Modal, Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Manggarai, Isfridus Buntanus yang ditemui POS-KUPANG.COM di Ruteng, Jumat (16/11/2018) sore.

 Ia menjelaskan, moratorium tentang pengiriman TKI dari Pemprov NTT belum ada secara tertulis kepada Pemkab Manggarai. Namun secara lisan sudah disampaikan kepada dinas teknis.

 “Yang jelas Kabupaten Manggarai mendukung karena di daerah sudah ada BLK. Kita juga sudah melatih tenaga kerja kita lalu memberikan lapangan pekerjaan untuk usaha otomotif dan meubeler. Tahun ini saja kami baru selesai melatih 80 tenaga kerja di bidang  meubelur pada April dan Oktober 2018. Para tenaga kerja diberikan keterampilan dan pengetahuan di BLK Dalo. Setelah selesai pelatihan dikasih peralatan meubelur untuk membuka usaha,” kata Kadis Buntanus.

Ia mengatakan, ke depan pemerintah sudah menyiapkan tiga bidang pelatihan yakni meubelur, otomotif dan baja ringan.

“Kita dukung karena untuk apa kerja di luar negeri tanpa ada ketrampilan. Apalagi di Manggarai pemerintah sudah mulai meminta warga berwirausaha termasuk menanam hortikultura. Tanah kita subur kenapa harus kerja di luar negeri,” papar Kadis Buntanus.(*)

 
 

Penulis: Aris Ninu
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved