Berita Flores Timur

Di Flores Timur! 2.000 Pelajar Witihama Ambil Bagian dalam Pawai Literasi

Pawai dan pentas kreasi literasi digelar Asosiasi Guru Penulis Indonesia Flores Timur menyongsong hari lahir (Harlah) Agupena ke-12 tahun 2018.

Di Flores Timur! 2.000 Pelajar Witihama Ambil Bagian dalam Pawai Literasi
POS-KUPANG.COM/FELIKS JANGGU
Pawai - Para pelajar yang mengikuti pawai literasi Kamis (15/11/2018) di Witihama Adonara Flotim. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Feliks Janggu

POS-KUPANG.COM|LARANTUKA- Sebanyak 2000-an pelajar TK, SD, SMP dan SMA/K dari 40 sekolah di Kecamatan Witihama Flotim-NTT Kamis (15/11/2018) menggelar pawai literasi bersama.

Baca: Kabupaten Manggarai Dukung Moratorium TKI Pemdar NTT! Ini Alasannya

Baca: Di Kabupaten Lembata ! Yunita Bocah 11 Tahun Tewas Digigit Anjing Rabies

Harlah Agupena tahun 2018 secara nasional akan digelar di Kota Larantuka Flotim. Agupena mempercayakan Agupena Flotim sebagai tuan rumah.

Menyongsong Harlah Agupena, panitia menggelar berbagai kegiatan salah satunya pawai dan pentas kreasi literasi Kamis (15/11/2018) di Witihama.

"Kami mengusung tema,"Dari Witihama, untuk Indonesian," kata Ketua Agupena Flotim melalui pesan whatsapp Jumat (16/11/2018).

Maksi Kian mengatakan pawai diawali dengan kampanye tentang pentingnya Gerakan Literasi. Kampanya ini dibawakan oleh Siswa SMPN 2 Adonara Timur Witihama.

"Dengan pengeras suara, dan menggunakan mobil pick up, belasan anak usia 13 tahun itu, berkeliling ke desa-desa se- Kecamatan Witihama, mengkampanyekan gerakan literasi," kata Maksi Kian.

Menjadi pemandangan menarik, tambah Maksi Kian karena sambil berkampanye para pelajar mendeklamasikan puisi, berpidato, dan membawakan teatrikal puisi.

"Sejak pukul 12.30 Wita, peserta sudah memadati halaman SMPN 2 Adonara Timur, titik star pawai dan pentas kreasi literasi. Mereka datang dari 16 desa se-kecamatan Witihama," kata Maksi Kian.

Pada moment ini, tambah Maksi Kian para pelajar dari masing-masing sekolah dengan kreasinya mendesain pakaian, membuat tulisan spaduk, slogan, pamflet, baliho, dan beragam asesoris.

"Bagi saya ini memberi warna tersendiri dalam gerakan mem-booming-kan gerakan literasi," kata Maksi Kian.

Tambah Maksi Kian, panggung kreasi diisi ragam kreasi seperti musikalisasi puisi, pidato bahasa inggris, deklamasi puisi, teater dan fashion show.

"Suguhan yang silih berganti antara satu sekolah dengan sekolah yang lainnya menambah hangat ruang kreasi gerakan literasi," kata Maksi Kian.

Maksi Kian menambahkan kegiatan lain sebelumnya yang digelar Agupena menyongsong Harlah Agupena antara lain lomba menulis opini, lomba antar taman baca dan berbagai lomba lainnya.

Harap Maksi Kian berbagai kegiatan itu dapat membesarkan gaung gerakan literasi di Flores Timur sehingga setiap elemen dapat mengambil bagian dalam gerakan literasi.

Penulis: Felix Janggu
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved