Opini Pos Kupang

Sina Riang di Rahim Sastra NTT

Panggung sakral khusus untuk para perempuan ini diprakarsai oleh Teater Perempuan Biasa besutan tangan dingin Dr. Lanny Koroh.

Sina Riang di Rahim Sastra NTT
FOTO YAHYA ADO
Sina Riang mementaskan teater kemanusiaan di Taman Budaya Gerson Poyk Kupang, Minggu malam, 11 November 2018 

Apresiasi untuk Panggung Perempuan Biasa III

Oleh: Yahya Ado
Penulis Monologia `Perempuan Rembulan' di Panggung Perempuan Biasa I

POS-KUPANG.COM - Panggung Perempuan  Biasa telah memasuki tahun pementasan ketiga. Panggung sakral khusus untuk para perempuan ini diprakarsai oleh Teater Perempuan Biasa besutan tangan dingin Dr. Lanny Koroh.

Ruang istimewa ini diberikan hanya bagi kaum perempuan NTT (Nusa Tenggara Timur) untuk berkarya, bersuara, dan berdaya. Tema-tema yang dikemas setiap tahun pun tentang fenomena kehidupan perempuan dan anak perempuan di bumi Flobamora ini.

Kali ini menampilkan sebuah pertunjukan kejutan. Teater Perempuan Biasa menghadirkan ibu-ibu dari dusun Belle, Desa Waiburak, Adonara, Flores Timur NTT. Mereka tergabung dalam Sanggar Sina Riang (Kampung Gembira) yang terbentuk sejak tahun 2014.

Pentas teater Deran Ata Kerume di Taman Budaya Gerson Poyk Kupang, Minggu malam, 11 November 2018
Pentas teater Deran Ata Kerume di Taman Budaya Gerson Poyk Kupang, Minggu malam, 11 November 2018 (FOTO YAHYA ADO)

Mereka datang beramai-ramai ke kota Kupang, ibu kota provinsi NTT untuk mementaskan sebuah teater yang diberi judul "Deran Ata Kerume (Sahabat Deran)".

Teater yang disutradarai oleh Veronika Ratumaking, mengambil realitas kehidupan sosial terkini di bumi tandus nusa cendana. Kisah tentang seorang anak perempuan yang menjadi korban TKW (Tenaga Kerja Wanita) di luar negeri, lalu mati setelah diperjualbelikan menjadi pekerja seks komersial (PSK).

Janji manis saat seorang germo yang membujuknya di usia sekolah menengah pertama (SMP) untuk mendapat pekerjaan bagus dan mendapat banyak uang tak sama kenyataan sebenarnya.

Sina Riang mementaskan teater kemanusiaan ini dua kali di Kota Kupang. Pertama pada Minggu malam, 11 November 2018 di Taman Budaya Gerson Poyk yang mampu memukau ratusan penonton.

Kedua, Sina Riang mendapat tawaran khusus untuk pentas secara live di panggung TVRI (Televisi Republik Indonesia) pada Senin, 12 November 2018 yang tak kalah menghipnotis.

Halaman
123
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved