Berita Sumba Timur Terkini

8 Agen Championship Gender dan Energi Terpilih Sebagai yang Terbaik dari Hivos Shoutheast Asia

Delapan agen Championship Gender dan Energi di Pulau Sumba terpilih sebagai pemenang atau agen terbaik dari 22 agen yang ada.

8 Agen Championship Gender dan Energi Terpilih Sebagai yang Terbaik dari Hivos Shoutheast Asia
POS-KUPANG.COM/Robert Ropo
Para Agen pemenang saat foto bersama pejabat Pemda dari empat kabupaten sedaratan pulau Sumba usai menerima piagam penghargaan. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Delapan agen Championship Gender dan Energi yang tersebar di empat wilayah kabupaten di daratan Sumba, yakni Kabupaten Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat dan Kabupaten Sumba Barat Daya, terpilih sebagai pemenang atau agen terbaik dari 22 agen yang ada. Selain itu juga dua pelanggan juga terpilih sebagai pemenang sebagai pelanggan terbaik.

Kedelapan agen dan dua pelanggan pemenang tersebut diberikan piagam penghargaan. Piagam penghargaan tersebut diserahkan untuk agen pemenang dari Sumba Timur diserahkan langsung oleh Bupati Sumba Timur, Drs. Gidion Mbilijora, M.Si, Kabupaten Sumba Tengah diserahkan oleh Kepala Bidang Kesetaraan Gender Dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kementerian KPP dan PA, Drs. Agam Bekti Nugraha, M.Pd.

Baca: Sauli, Peserta Tes CPNS di TTU yang Capai Passing Grade Bagikan Tips, Simak Yu!

Kabupaten Sumba Barat Daya diserahkan oleh pejabat yang mewakili bupati setempat dan Kabupaten Sumba Barat diserahkan oleh Sekda Sumba Barat.

Penyerahan piagam penghargaan tersebut dilakukan pada kegiatan Championship Gender dan Energi Kerja Sama Pemda Sumba Timur bersama Hivos di Aula Hotel Padadita Beach Waingapu, Selasa (13/11/2018).

Baca: Penghargaan Kota Layak Anak, Francisca Ikasasi: Kita Hilang Dua Momen, 2019 Kita Rebut

Kegiatan itu dibuka oleh Bupati Sumba Timur, Drs. Gidion Mbilijora, M.Si ditandai pemukulan gong. Hadir juga dalam kegiatan itu pejabat dari Kementerian KPP dan PA RI, Pejabat dari dinas ESDM NTT, Pejabat dan Instansi terkait dari empat kabupaten di Pulau Sumba.

Field Project Manager Hivos Southeast Asia Sumba sekaligus ketua panitia dalam kegiatan tersebut Rudi Nadapdap, menjelaskan kedelapan agen tersebut diberikan penghargaan karena mereka sebagai agen terbaik sebagai agen penggiling jagung dan padi dengan menggunakan listrik tenaga surya, selain itu agen kios energi. Begitu juga dua pelanggan terbaik kios energi terbarukan.

Rudi mengatakan program pengembangan Pulau Sumba sebagai pulau Ikon Energi Terbarukan (Sumba Isconic Island) merupakan program yang dapat mendorong perekonomian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pulau Sumba dan dapat dijadikan sebagai contoh dalam pengembangan energi baru Terbarukan di Indonesia.

Rudi juga mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan itu untuk memunculkan figur para champion sebagai inspirator dan penggerak perubahan di masyarakat melalui energi Terbarukan yang inklusif sosial dan gender.

Selain itu meningkatkan kesadaran dan pengetahuan stakeholder, meningkatkan penyelarasan strategis antara aktor dan mitra pembangunan dalam mengatasi tantangan utama implementasi pengarustumaan gender di bidang energi terbarukan yang tersentralisasi.

Adapun dalam kegiatan itu juga dilakukan pendeklarasian Implementasi Pengarusutamaan Gender dan Energi. Selain itu juga diakhiri dengan talkshow dengan tema 'Model Bisnis Energi Terbarukan untuk Pemberdayaan gender dan Komunitas.' dan diakhiri dengan hiburan berupa tarian dari Sanggar Seni Ori Angu. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved