Opini Pos Kupang

Memaknai Hari Pahlawan

Utamanya mereka yang telah mengorbankan jiwanya demi memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Negara

Memaknai Hari Pahlawan
Tribun Solo
ilustrasi 

Oleh RD Maxi Un Bria
Ketua Komisi Kerasulan Awam Keuskupan Agung Kupang

"Vivere militare", Hidup itu perjuangan" (Seneca)

POS-KUPANG.COM - Setiap tanggal 10 November kita merayakan Hari Pahlawan. Momentum istimewa untuk sejenak mengingat, mengenang dan mendoakan para pahlawan yang telah gugur di medan perang.

Utamanya mereka yang telah mengorbankan jiwanya demi memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Perayaan Hari Pahlawan ditandai dengan berbagai kegiatan, mulai dari upacara pengibaran bendera, penaburan bunga di taman makam pahlawan maupun di laut.

Baca: Ramalan Zodiak Hari Ini, 12 November 2018, Pisces Hati-Hati, Aries Kencangkan Ikat Pinggang

Baca: Jadi Drama Korea Pertama yang Tayang di Youtube, Ini 4 Fakta Drakor Top Management

Baca: Nonton Film A Man Called Ahok, Fifi: Sedih Kok Papa Saya Kayak Gitu Cara Pakaiannya

Ada juga refleksi kebangsaan dan doa bagi keselamatan jiwa bagi mereka menurut iman dan kepercayaan yang dianut masyarakt bangsa Indonesia. Hari Pahlawan kembali membangun kesadaran segenap elemen bangsa dan menegsakan beberapa nilai berikut.

Pertama, NKRI telah diperjuangkan dengan darah dan air mata, demi merebut kedaulatan dan kemerdekaan dari tangan penjajah.

Karena itu setiap anak bangsa dipanggil untuk mengapresiasi dan merawat baik-baik hasil jerih payah segenap bapak pendiri bangsa, para pahlawan dan berbagai elemen bangsa yang telah berbuat yang terbaik untuk kemerdekaan bangsa Indonesia.

Kedua, NKRI adalah kata final dalam ziarah perjalanan bangsa Indonesia di mata dunia. Kita menguatkan komitmen kita untuk memelihara dan merawat NKRI sebagai kekuatan yang memampukan bangsa ini bergerak maju memenuhi cita-cita bangsa mensejahterakan segenap rakyat Indonesia.

Ketiga, Melanjutkan perjuangan para pahlawan untuk mengentaskan kemiskinan, keterbelakangan dan ketidakadilan yang nyatanya masih menjajah dan membelenggu sebagaian anak bangsa ini.

Halaman
123
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved