Berita Nasional Terkini

Ini yang Dilakukan Golkar Agar Jokowi-Ma'ruf 'Menang Tebal' di Jawa Barat

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menyatakan bahwa partainya siap memenangkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Jawa Barat.

Ini yang Dilakukan Golkar Agar Jokowi-Ma'ruf 'Menang Tebal' di Jawa Barat
KOMPAS.com/Rakhmat Nur Hakim
Airlangga Hartarto di Kemayoran, Jakarta, Sabtu (20/10/2018). 

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto menyatakan bahwa partainya siap memenangkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Jawa Barat.

Hal ini sesuai instruksi Jokowi yang ingin menang tebal di provinsi yang pada 2014 lalu dimenangkan oleh rivalnya Prabowo Subianto.

"Menang tebal itu at least menangnya di atas 5 persen. Karena di sini kan, Jawa Barat ini, salah satu basis dari Partai Golkar," kata Airlangga di sela mendampingi Jokowi saat berkampanye di Bandung, Minggu (11/10/2018). "Jadi Partai Golkar akan bekerja keras untuk pilpres," tambah dia.

Baca: Sukseskan Pemilu, Mendagri Ajak Mahasiswa Rekam E-KTP hingga Hindari Ujaran Kebencian

Airlangga mengakui bahwa kader Partai Golkar di Jawa Barat saat ini belum solid mendukung Jokowi-Ma'ruf. Berdasarkan survei, jumlah kader Golkar yang mendukung pasangan nomor urut 01 itu baru 60 persen. Namun dia yakin angka itu masih akan meningkat.

"Dengan Presiden kemarin turun di Jawa Barat, kami akan terus dorong kader Partai Golkar yang hari ini 60 persen pilih presiden, kami akan dorong di atas 90 persen," kata Airlangga.

Baca: 9 Rumah Ludes Terbakar, Warga Sempat Dengar Ledakan

Dengan solidnya dukungan Golkar, lanjutnya, suara Jokowi-Ma'ruf diyakini akan naik 5-10 persen dan akan mengalahkan pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Sementara itu, untuk pemilu legislatif, Airlangga menargetkan partainya meraih kemenangan di Jabar dengan minimal 24 kursi DPRD. Saat ini, Golkar mengantongi 17 kursi.

"Kami melihat ada potensi tambahan kursi. Itu yang terus kami kejar. Kami di Jabar utara kuat, Jabar selatan pernah kuat, diperkuat lagi," kata dia.

Pada Pilpres 2014, Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla kalah dari Prabowo Subianto yang berpasangan dengan Hatta Rajasa di Jabar.

Berdasarkan data rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar, pasangan Prabowo-Hatta unggul dengan perolehan suara 14.167.381 atau 59,78 persen.

Sementara itu, pasangan Jokowi-JK mendapat suara 9.530.315 atau 40,22 persen. Pasangan Prabowo-Hatta menang di 22 kabupaten/kota di Jabar, sedangkan Jokowi-JK hanya unggul di empat kabupaten/kota di Jabar, yakni Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, dan Kota Cirebon. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved