Berita Kota Kupang Terkini

Rumah Sastra Kita NTT Gaungkan Perdamaian Melalui Karya Sastra

Rumah Sastra Kita (RSK) NTT menggaungkan perdamaian melalui karya sastra

Rumah Sastra Kita NTT Gaungkan Perdamaian Melalui Karya Sastra
POS-KUPANG.COM/Laus Markus Goti
Kepala Kantor Bahasa NTT, Valentina Lovina Tanate, S.Pd saat memberikan sambutan pada acara di Hotel Swiss Belin Kupang, Sabtu (10/11/2018) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Rumah Sastra Kita (RSK) NTT menggaungkan perdamaian melalui karya sastra, 'Antologi Perdamaian: Kumpulan Puisi Bulan Peredam Prahara dan Kumpulan Cerpen Perempuan dengan Tiga Telinga'.

"Hari ini kita luncurkan karya sastra, bertema perdamaian, 'Antologi Perdamaian : Kumpulan Puisi Bulan Peredam Prahara dan Kumpulan Cerpen Perempuan dengan Tiga Telinga," ungkap JB Kleden, mewakili ketua RSK di Hotel Swiss Belin, Kupang, Sabtu (10/11/2018), saat membuka acara peluncuran karya sastra tersebut.

Kleden menjelaskan, tema perdamaian dipilih dengan pertimbangan bahwa tahun 2018 merupakan tahun politik nasional menuju demokrasi Pilpres 2019.

Baca: Tak Lulus Tes SKD CPNS 2018? Jangan Kecil Hati, Masih Bisa Lolos ke SKB, Ini Syaratnya!

Baca: Saat Kapal Inerie II Berlayar, Pria Asal Sumba Barat Ini Lompat ke Laut, Begini Kondisinya!

Selain itu, jelasnya, zaman ini ruang untuk berekspresi sangat terbuka. Masyarakat tengah gaduh dengan aneka informasi yang membuat resah.

"Ujaran kebencian, hoaks atau berita bohong untuk saling menjatuhkan, begitu mudah berseliweran," ungkapnya.

Baca: Pelayaran Fery Kupang-Kalabahi, Dua Informasi yang tak Terpenuhi, Apa Saja?

Kleden mengatakan, karya sastra ini dihimpun dan diseleksi dari sekian banyak karya-karya putra dan putri NTT yang memiliki minat dan mencintai sastra.

Dalam kesempatan itu, Kleden, kepada puluhan pecinta sastra, sastrawan, undangan yang hadir, mengucapkan terima kasih karena telah mendukung peluncuran karya sastra tersebut.

Secara khusus Kleden memberi apresiasi dan ucapan terima kasih kepada kantor Bahasa NTT yang senantiasa memotori berbagai kegiatan berhubungan dengan sastra, termasuk peluncuran Antologi perdamaian.

Valentina Lovina Tanate, S.Pd, kepala kantor Bahasa NTT, menyambut antusias peluncuran karya tersebut. Saat memberikan sambutan, Valentina mengatakan, RSK lewat karya yang dihasilkan sebenarnya mendukung program pemerintah, yakni literasi, sebuah upaya mendorong agar masyarakat bisa cinta membaca.

Acara peluncuran karya sastra, Antologi Perdamaian ini, dikemas sederhana nan menarik. Di sela acara, beberapa penulis dan undangan diberi kesempatan untuk membacakan puisi atau cerpen dari karya tersebut.

Turut hadir sejumlah tokoh penting dalam acara peluncuran, antara lain Pater Edi Dosi, SVD, Romo Amance Ninu dan Ibu Mezra Pellondou dan ibu Lanny Koroh. (*)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved