Berita Kota Kupang Terkini

Jurusan Administrasi Bisnis PNK Sosialisasi BUMdes di Desa Penfui Timur

Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Kupang (PNK) mengadakan sosialisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) di Desa Penfui Timur

Jurusan Administrasi Bisnis PNK Sosialisasi BUMdes di Desa Penfui Timur
POS-KUPANG.COM/Gecio Viana
Suasana sosialisasi sosialisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) di Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang, Sabtu (10/11/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Kupang (PNK) mengadakan sosialisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) di Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang, Sabtu (10/11/2018) pagi

Kegiatan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat Jurusan Administrasi Bisnis itu dilaksanakan di Gereja Petra Balfai Jalan Jurusan Lanudal Penfui Timur dan diikuti puluhan masyarakat, aparatur pemerintah desa Penfui Timur dan para dosen.

Puluhan masyarakat dan perangkat desa dibagi dalam tiga kelompok dan diberikan materi oleh para dosen. Kelompok pertama yang diketuai oleh Reisanty M. Djami SE., MM memberikan pelatihan pengelolaan arsip dalam rangka persiapan pendirian BUMdes.

Baca: Daerah Irigasi Buntal Menyulap Padang Ilalang Menjadi Hamparan Sawah

Kelompok kedua yang diketuai oleh Enos Kabu S.Sos., M.Ec memberikan pelatihan pengelolaan BUMdes dan kelompok ketiga yang diketuai Hamzah Nazarudin SE., MM memberikan sosialisasi optimalisasi kemampuan mengelola usaha bagi pengusaha kecil dan menengah melalui pelatihan dan kemampuan membangun network (jejaring).

Baca: Setelah Bangun Bendung dan Jaringan Irigasi, Petani Buntal Panen Padi Tiga Kali Setahun

Ketua Jurusan Administrasi Bisnis PNK, Jandri D. Manafe S.Sos., MM kepada POS-KUPANG.COM di sela kegiatan mengatakan dengan lahirnya UU Nomor 32 Tahun 2014 tentang Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) maka setiap desa diisyaratkan untuk mendirikan BUMdes demi memaksimalkan potensi desa demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Melihat hal itu, pihaknya melihat Desa Penfui Timur yang tengah mendirikan BUMdes harus didampingi dan diberikan materi terkait bagaimana mendirikan dan mengelola BUMdes dengan optimal.

"Memang dana untuk pendirian BUMdes telah disiapkan oleh Desa Penfui Timur dan kami melihat peluang itu untuk membantu dari sisi ilmu, jadi mereka kami bekali dari sisi ilmu terkait penataan arsip ketika mendirikan BUMdes dan dari sisi pengelolaan BUMdes bagaimana membuat surat izin pendiriannya dan ada yang berbicara terkait Usaha Kecil Menengah (UKM)," ungkapnya.

Untuk UKM kami memberikan materi terkait bagaimana memasarkan produk UKM dan produk baru yang mudah dijual serta akan terus mengikuti perkembangan dari UKM yabg telah terbentuk.

"Terutama untuk UKM nanti memasarkan produknya bagaimana. Kebetulan kami di Jurusan Administrasi Bisnis sudah ada Inkubator Bisnis harapan kami, yang sudah punya Usaha Kecil Menengah bisa menjadi tenant di Inkubator Bisnis PNK," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Gecio Viana
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved